Sunday, July 14, 2024

Atasi Aral Kebunkan Si Madu

Rekomendasi
- Advertisement -

Inilah jalan keluar atasi beragam kendala mengebunkan jambu madu deli hijau.

Tanaman jambu madu deli hijau berumur 24 bulan itu sarat buah. Petani jambu madu deli hijau di Yogyakarta, Bayu Ari Sidi, menuai hingga 6 kg buah per tanaman. Padahal, lazimnya petani memetik maksimal 4 kg per tanaman. Pemupukan intensif menyebabkan produksi melimpah. Sampai di sini sejatinya tak bermasalah. Namun, belasan tanaman jambu itu terlihat kurang sehat.

Mula-mula daun tanaman anggota famili Myrtaceae itu lunglai. Warna daun pudar tanda tidak sehat. Ia kemudian membawa tanaman itu ke-tempat perawatan yang teduh untuk dipulihkan kesehatannya. Dari kasus itulah Bayu menyimpulkan bahwa tanaman yang terlalu digenjot produksinya pada tahun pertama justru menimbulkan masalah pada tahun berikutnya.

Seleksi buah
Masalah yang terjadi adalah, “Pada tahun kedua tanaman justru merana sebab energinya terkuras untuk menghasilkan buah,” ujar Bayu. Menurut Bayu mengatur pembuahan merupakan langkah bijak agar tanaman selalu sehat. Itu sebabnya ia kemudian menyeleksi buah dan hanya menyisakan 3 buah per dompol pada pembuahan tahun berikutnya.

Penanaman di dalam pot syarat utama budidaya jambu madu deli hijau demi memperoleh buah berkualitas.
Penanaman di dalam pot syarat utama budidaya jambu madu deli hijau demi memperoleh buah berkualitas.

Pekebun di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Kastawi, juga menghadapi hambatan. Karyawan pabrik tekstil itu mengelola total 50 tanaman yang kini berumur setahun. Pada awal 2016 sebanyak 45 tanaman jambu yang memasuki usia produktif gagal berbuah. Penyebabnya sepele, Kastawi lalai mengurus tanaman. Padahal selama ini jambu madu deli hijau sohor sebagai tanaman yang mudah berbuah tanpa perangsangan.

Sementara pohon lain yang berbuah menghasilkan jambu yang hambar. Akibatnya pedagang pengepul di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Niam membatalkan pembelian 100 kg buah jambu madu deli hijau. Sebab, citarasa buah amat hambar. Menurut asisten manajer agro Taman Wisata Buah Mekarsari, Ir AF Margianasari, secara alamiah kadar kemanisan jambu madu deli hijau kurang stabil.

1.pdfPenanaman di dalam pot memungkinkan perlakuan budidaya lebih terkontrol. Pemberian pupuk lebih efisien sebab tidak ada unsur hara yang terbuang. Margianasari mengatakan, penanaman jambu madu deli hijau dalam pot berpeluang untuk meningkatkan kadar kemanisan buah. Buah hambar, tanaman mogok berbuah hanya beberapa hambatan mengebunkan jambu madu deli hijau. Namun, di balik kendala itu terdapat jalan keluar. (Andari Titisari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img