Wednesday, September 28, 2022

Avokad Dasan Agung dan Cendana 1 Berdaging Tebal dan Gurih

Rekomendasi

Trubus.id — Setiap avokad memiliki ciri dan keunggulannya masing-masing. Seperti halnya dua avokad unggul koleksi Arya Bagus Abhiseka, pehobi avokad di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, yaitu avokad dasan agung dan avokad cendana 1.

Avokad dasan agung

Abhiseka mengatakan avokad dasan agung berukuran jumbo. Bobot per buah rata-rata mencapai 1–1,2 kilogram. Berkulit tebal dan mudah dikupas. Ketebalan kulit 1,6 mm.

Avokad ini memiliki warna daging buah kuning menggoda. Ketebalan daging buahnya mencapai 3,44 cm dengan edible portion atau proporsi bagian yang bisa dimakan sebanyak 88%. 

Kelebihan lain, avokad dasan agung memiliki tekstur buah sangat lembut, pulen tanpa serat. Bercita rasa gurih semimanis, dan ada rasa seperti degan atau kelapa muda. Dengan beragam keunggulan itu, membuat avokad dasan agung cocok sebagai buah meja dan olahan.

Avokad Cendana 1

Abhiseka juga mengoleksi avokad unggul lain yakni cendana 1. Menurutnya, penamaan cendana bermula dari penemuan avokad unggul itu konon dari kebun almarhumah Tien Soeharto.

Avokad itu tergolong genjah, lantaran tak sampai setahun sudah berbuah. Dari segi rasa sangat gurih dan semimanis. Selain itu, kadar airnya juga sangat rendah.

Avokad cendana 1 memiliki keunggulan lain yakni berkulit tebal. Kulit tebal lebih kuat menahan serangan lalat buah. Jadi, daging buahnya relatif aman tidak busuk.

Bobot avokad cendana 1 rata-rata lebih dari 1 kilogram per buah. Bentuk buah memanjang dan warna kulitnya hijau dan berubah kekuningan saat matang. Ketebalan kulit 1,7 mm dan mudah dikupas.

Avokad cendana 1 memiliki rasa gurih dan daging buahnya cukup tebal. Sementara itu, edible portion mencapai 91% dengan berat biji 69 gram. Sama halnya dengan avokad dasan agung, avokad cendana 1 berpotensi masuk kategori buah meja dan olahan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img