Friday, May 24, 2024

Bahan Alami Ampuh Atasi Kutu Beras

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Mau beras Anda terhindar dari kutu? Gunakan saja daun pandan wangi dan serai wangi sesuai penelitian Andi Taskirah dan tim dari Universitas Patompo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Andi dan rekan menggunakan daun pandan wangi dan batang serai wangi sebagai insektisida alami untuk mengusir kutu beras. Peneliti menghaluskan daun pandan wangi dan batang serai wangi hingga berbentuk serbuk.

Selanjutnya tim peneliti memasukkan 60 gram serbuk daun pandan wangi dan 60 gram serbuk batang serai wangi ke dalam stoples berisi 100 gram beras dan 12 kutu. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan itu membunuh 8 kutu.

Daun pandan wangi dan batang serai wangi kaya minyak asiri dan zat metabolit sekunder. Bahan utama minyak asiri merupakan terpenoid yang terdapat pada fraksi asiri tersuling uap. Zat itu menyebabkan bau khas tumbuhan sehingga mengusir kutu beras.

Cara lain dengan jeruk nipis. Periset dari Program Studi Biologi, Universitas Negeri Gorontalo, Adriansyah Ridwan Daeng Kuma dan rekan memakai jeruk nipis (Citrus aurantifolia) untuk mengatasi serangan kutu beras.

Pilih daun jeruk nipis yang tidak terlalu tua, cuci bersih, dan haluskan dengan mesin pelumat. Hasil perasan simpan dalam botol kaca, biarkan selama 30 menit. Perlakuan penyemprotan 15 ml efektif membasmi kutu beras. Kandungan senyawa limonid, flavonoid, saponin, alkaloid, dan  tanin membuat kutu beras mati.

Bahan lain daun pepaya. Penelitian Faiz Bintang Malibun, mahasiswa Pendidikan Tekhnologi Pertanian, Universitas Negeri Makassar, membuktikan kandungan flavonoid pada enzim papain daun pepaya menyerang sistem pencernaan hama.

Cara membuatnya dengan mengumpulkan 20 gram putri malu dan 10 gram daun pepaya.   Cuci putri malu dan daun pepaya lalu keringkan selama dua hari.

Langkah selanjutnya memblender bahan, campurkan ke dalam beras. Dari hasil uji coba selama 74 jam pada 100 gram beras, persentase mortalitas kutu beras 83%. Pestisida hayati itu aman, tidak ada efek samping. ***

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img