Wednesday, August 10, 2022

Ball Python Debutan Anyar dari Abang Sam

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Ular yang panjang maksimalnya 1,5 m itu banyak mendapat pujian dari hobiis karena corak kuningnya tidak pudar meskipun bertambah dewasa. Selama ini ular cenderung berwarna cerah saat juvenile-anak. Namun, ketika dewasa warnanya akan semakin gelap. ‘Ini umum terjadi pada ular,’ kata drh Slamet Raharjo MS, kolektor di Yogyakarta.

Lemon pastel yang dibiakkan pertama kali oleh New England Reptile Distributors (NERD) pada 1994 itu punya keistimewaan yang tidak dimiliki ular lain. Gen ko-dominan (heterozigot) pada lemon pastel menyebabkan warna kuning menetap selamanya. Itu karena induk lemon pastel bukan hibrid, tetapi hasil mutasi alami. Sebab itu pula saat lemon pastel disilangkan dengan sesamanya, lahir superpastel berwarna kuning solid yang merupakan ekspresi dari gen homozigotnya.

Banyak ragam

Ball python dikenal sebagai ular yang memiliki jenis paling banyak karena punya gen yang mudah bermutasi. ‘Ada sekitar 40-an jenis ball python saat ini,’ kata Budi. Hampir tiap tahun muncul motif baru hasil penyilangan. Salah satu yang istimewa adalah spider. Jenis ini unik karena motifnya rapat dan berukuran besar. Garis-garis hitamnya lebih sempit, sehingga motif balon warna putih-jingga berpadu cokelat terlihat penuh. Untuk panjang tubuh 40-45 cm, ular yang mempunyai gen dominan itu dihargai Rp15-juta/ekor.

Mojave, tangkaran Snake Keeper Inc pada 2000 lain lagi. Ular yang memiliki gen warna putih kodominan itu punya paduan warna putih bersih, cokelat, dan hitam di tubuh. Corak putihnya termasuk istimewa karena tidak ada campuran warna kuning atau cokelat seperti ular lain. Karena gen putih ular yang harganya mencapai Rp20-juta/ekor itu sering dijadikan induk-an untuk menurunkan ular-ular bercorak putih.

Ball python albino merupakan jenis lain yang lebih susah didapat. Maklum albino merupakan gen resesif. Tak heran jika harga ular yang pertama kali ditangkarkan oleh Bob Clark dari Amerika Serikat pada 1992 itu jauh lebih mahal. Ukuran baby, 40-45 cm, mencapai Rp20-juta/ekor. Dewasa sepanjang 1,2 m dapat menembus harga Rp27,5-juta/ekor. ‘Ciri khas ular ini adalah warna tubuh kuning pucat dan matanya merah,’ kata Budi.

Namun, jangan keliru membedakan ular ini dengan jenis ular albino lain. ‘Ciri khas Python regius adalah motif seperti balon atau kepala alien di sepanjang tubuhnya,’ kata Slamet.

Digemari

Ular yang selalu menggulung tubuhnya seperti kaki seribu jika merasa terganggu itu sangat disukai hobiis mancanegara, misalnya di Amerika dan Inggris. ‘Ukuran tubuh yang pendek dengan panjang maksimal antara 1,5-1,7 m membuatnya mudah dipelihara,’ kata Budi. Selain itu, ia diminati karena temperamennya tidak agresif sehingga banyak disarankan untuk dipelihara hobiis pemula.

Perawatan ball python tidak jauh beda dengan ular-ular lain. ‘Ia menyukai suhu 25-30oC dengan kelembapan 55-65%,’ ujar Slamet. Meski perawatan terbilang mudah, ball python mudah mogok makan. Bahkan pernah ditemui di negeri Paman Sam ular itu berpuasa setahun lamanya.

Ukuran pakan juga perlu diperhatikan. Umumnya kebutuhan pakan ball python mencapai 250 gram/minggu. Nah, ball python yang dapat mencapai umur 25 tahun itu menyukai mangsa berukuran kecil. Ia lebih memilih menelan 5 mencit masing-masing berbobot 50 gram dibanding seekor tikus berbobot 210 gram.

Sejatinya duduk perkara sang ular sering mogok makan itu belum diketahui secara pasti hingga kini. Namun, Slamet yang juga dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM itu menduga faktor stres, perubahan fisiologis, dan penyakit, sebagai pemicu. Oleh sebab itu hobiis harus dapat membedakan gejala mogok makan agar bisa segera diatasi.

Jika faktor fisiologis seperti perubahan hormon jadi pemicu biasanya tidak tampak perubahan pada aktivitas ular. Namun, jika penyakit yang menjadi biang kerok, ular terlihat malas dan lemah. Perubahan habitat terlalu drastis turut andil memicu mogok makan. ‘Adaptasinya agak lama,’ ujar Slamet.

Bila dipelihara dalam rumah, ia perlu dijemur seminggu sekali selama 15-20 menit. Itu perlu agar pertumbuhan tulang dan kulitnya tidak terganggu. Cara lain dengan memasang lampu UV light 10 watt/m² di kandang. Bila aturan-aturan merawat diperhatikan seksama oleh hobiis, keindahan ball python seperti lemon pastel dapat dinikmati setiap saat. (Tri Susanti)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img