Friday, December 2, 2022

Benalu Memang Mujarab

Rekomendasi

Keluarga besar Loranthaceae ibarat tunawisma yang selalu menumpang hidup sepanjang hayat. Mereka membalas kebaikan itu dengan melawan beragam penyakit.

Sudah suratan jika keluarga Loranthaceae hidup sebagai parasit. Mereka lebih sohor sebagai makhluk yang menggantungkan hidupnya pada tumbuhan inang. Sudah hidup menumpang, benalu kerap merampas makanan pohon inang agar bisa bertahan. Riset ilmiah membuktikan bahwa parasit itu ternyata tokcer melawan parasit di tubuh manusia alias penyakit.  Berbagai spesies benalu seperti benalu teh Scurrula oortina, benalu mangga Dendrophthoe pentandra, dan benalu nangka Macrosolen cochinchinensis mujarab mengatasi kanker.

Benalu-benalu itu mengandung senyawa flavonoid quersetin yang memiliki sifat antitumor. Quersetin salah satu zat aktif kelas flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan kuat. Aktivitas antikosidan quersetin 4,7; sedangkan vitamin C hanya 1. Periset di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Nella Rosaria, mengungkap benalu duku Loranthaceae dendrophthoe tokcer menghambat perkembangan sel kanker limfosit.

Fakta ilmiah
Nella Rosaria menguji benalu duku secara in vitro  pada mencit. Ia menguji 10 mg ekstrak kering daun benalu duku kemudian melarutkannya dalam 100 ml NaCl (100 ppm). Lantas, ia mengesktraknya kembali hingga diperoleh ekstrak dengan kadar 10 ppm, 20 ppm, dan 30 ppm. Hasil uji menunjukkan dengan ekstrak berkadar 30 ppm, jumlah sel kanker yang ditemukan 74,333 pada    2 ml media kultur RPMI 1640.
Mochammad Lazuardi di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, melakukan riset serupa. Ia membuktikan bahwa ekstrak metanol benalu duku  kadar 20 µg/ml secara signifikan mampu menghambat pertumbuhan proliferasi sel mieloma atau kanker sel plasma. Periset menduga benalu  mengandung mistellektin, vikotoksin, glikan, dan asam amino yang mempunyai peran masing-masing.
Mistellektin berperan sebagai pendorong aktif sel efektor tubuh. Vikotoksin sebagai pendorong awal terhadap natural killer cell agar cepat melakukan aktivitas kerja. Glikan berperan dalam proses  antiproliferasi. Asama amino berkontribusi terhadap aktivitas respirasi sehingga menghasilkan fenomena antikanker.
Penelitian Gunver S Kienle dari Lembaga Terapan Epistemologi dan Metodologi Medis Jerman, meneguhkan bahwa benalu memang antikanker. Ia  membuktikan bahwa ekstrak benalu Viscum album mengatasi kanker payudara. Senyawa aktif yang berperan menaklukkan sel ganas itu adalah lektin yang menyebabkan apoptosis alias  merangsang proses bunuh diri sel kanker.
Pantas jika para herbalis mengandalkan benalu untuk mengatasi kanker. Sekadar menyebut contoh, herbalis di Jakarta Utara, Ning Hermanto, memanfaatkan benalu untuk membantu proses penyembuhan kanker. Ning menggunakan benalu sebagai herbal pendamping. Ia lebih sering menggunakan benalu mangga karena kemudahan mendapatkannya. ”Kanker itu tumbuhnya liar jadi harus dilawan dengan benalu yang juga memiliki sifat liar. Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi ampuh melawan kanker,” ujarnya.
Bagi pasien kanker payudara stadium 2 yang tak kunjung sembuh, Ning menyarankan untuk mengonsumsi ekstrak benalu yang dikombinasi dengan buah mahkota dewa Phaleria macrocarpha. Segenggam atau 50 gram daun benalu segar setara 0,5 gram kering siap rebus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Konsumsi ramuan itu disertai juga konsumsi ekstrak mahkota dewa 1 kapul (250 mg).  Ramuan itu diminum 3 kali sehari.

Lihat inang
Menurut dokter sekaligus herbalis di Serang, Provinsi Banten, dr Eliya MARS, pemanfaatan benalu untuk melawan kanker cukup baik. Sebab, benalu memiliki senyawa yang mampu menghambat perkembangan sel kanker. Benalu yang digunakan sebaiknya berasal dari tanaman inang yang mengandung antioksidan tinggi pula. ”Benalu hidup sebagai parasit. Ia mengambil sumber makanan dari inang. Tanaman inang yang mengandung antioksidan tinggi akan diserap oleh si benalu sehingga ia pun memilikinya,” ujarnya.
Eliya mengatakan untuk mempercepat proses kesembuhan, pasien kanker sebaiknya rutin mengonsumsi vitamin C, selain disiplin minum herbal seperti benalu.  Sumber vitamin C antara lain buah-buahan, seperti jeruk untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan kelebihan seperti itu, wajar jika tren pemanfaatan benalu sebagai herbal saat ini meningkat kembali. Indikasinya antara lain dari munculnya beberapa benalu siap konsumsi di pasaran antar lain produksi  PT Citra Deli Kreasitama dan Grup Tazzaka.
Menurut manajer pemasaran PT Citra Deli Kreasitama di Tangerang, Provinsi Banten, Hudi Leonardo,  penjualan produk benalunya meningkat 5—7% dari setahun  silam. PT Citra Deli Kreasitama memproduksi ekstrak benalu dalam bentuk tablet sehingga praktis. Selain antikanker, benalu juga terbukti berkhasiat mengatasi hipertensi sebagaimana penelitian Bamidale A. Iwalokun dan rekan dari Departemen Biokimia dan Nutrisi Institut Penelitian Medis Nigeria.
Mereka membuktikan bahwa benalu berperan mengatasi hipertensi. Dalam penelitian itu mereka memanfaatkan benalu Loranthus micranthus. Tanaman bersifat semiparasit ini mengandung zat aktif terpenoid, steroid, dan tanin yang menjadi zat perantara dalam mekanisme antihipertensi. Zat aktif dalam benalu menyebabkan relaksasi otot polos dan otot jantung dengan cara menghambat pemasukan kalsium ekstraseluler ke dalam sel. Relaksasi otot polos vaskuler menyebabkan reduksi tekanan darah. Semasa hidup menjadi parasit, benalu akhirnya juga menumpas parasit alias kanker.  (Riefza Vebriansyah/Peliput : Andari Titisari, Bondan Setyawan, Desi Sayyidati Rahimah)

Keterangan foto

  1. Aktivitas antiosidan benalu lebih tinggi dibanding jeruk
  2. Benalu secara praklinis terbukti antikanker
  3. Belimbing, sumber vitamin C mengandung 35 mg baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Mengatur Pola Pakan Tepat untuk Kuda

Trubus.id — Berbeda dengan sapi, kuda termasuk hewan herbivora yang hanya mempunyai satu lambung (monogastrik) sehingga kuda sangat membutuhkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img