Monday, November 28, 2022

Parasit Atasi Hipertensi

Rekomendasi

Benalu ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

S etahun terakhir, Djin Tjiong kerap pusing. Pada November  2011, misalnya,  ayah 3 anak itu pusing hebat dan tak enak badan. Kondisi itu mendorong Tjiong memeriksakan diri ke klinik di Jakarta. Biang kerok pusing itu ternyata tekanan darah yang membubung, lebih dari 150/90 mmHg. Untuk mengatasi gangguan itu, pria 53 tahun mengonsumsi obat resep dokter. Sayang, meski disiplin mengonsumsi obat hingga sepekan, pusing itu tak kunjung sirna.

Itulah sebabnya ketika rekan kerja menyarankan untuk mengonsumsi benalu,  Djin Tjiong  pun menuruti. Ia mengonsumsi ekstrak tanaman dari marga Loranthus dalam bentuk tablet tiga kali sehari. Dosis 4 tablet sekali konsumsi atau total 12 tablet per hari. “Dalam waktu 3 hari pusing hilang dan badan terasa enteng,” ujar Tjiong  girang.
Sayang, Tjiong tidak memeriksakan tekanan darah lagi karena merasa nyaman. Pria yang tinggal di Jakarta Kota itu menuturkan tidak ada efek samping akibat mengonsumsi ekstrak benalu. “Pusing sudah tidak saya rasakan,” ujarnya. Untuk menjaga agar tekanan darahnya tetap stabil, ia masih mengonsumsi tablet ekstrak benalu. Ia juga menjaga pola makan dengan  mengurangi konsumsi kopi, daging, dan memperbanyak konsumsi sayuran.  

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi suatu peningkatan tekanan darah diastolik di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik di atas 90 mmHg pada dua atau tiga kali pemeriksaan. Satu kali pemeriksaan saja, dianggap tidak mencukupi karena tekanan darah cenderung berubah–ubah. Pemicu hipertensi antara lain arteriosklerosis  (penebalan dinding arteri yang menyebabkan hilangnya elastisitas pembuluh darah), bertambahnya jumlah darah yang dipompa jantung, penyakit pada ginjal, kelenjar adrenal, dan sistem saraf simpatis.
Hipertensi juga dapat terjadi pada perempuan hamil dan obesitas. Pada beberapa kasus, hipertensi disebabkan faktor psikologis, stres, dan ketegangan. Renin, suatu zat yang dihasilkan oleh ginjal, mempengaruhi tekanan darah. Renin berubah menjadi angiotensin, sehingga menyempitkan arteri-arteri kecil. Penyempitan itulah yang mengakibatkan naiknya tekanan darah. Oleh karena itu hipertensi kerap kali terjadi pada penyakit ginjal yang luas.
Produksi adrenalin atau nonadrenalin yang berlebihan juga memicu hipertensi. Sebab, zat-zat itu juga menyempitkan pembuluh darah kecil. Itu terjadi pada kelainan kelenjar adrenal dan sistem saraf otonom. Pada perempuan hamil yang menderita eklampsia, salah satu gejalanya adalah hipertensi, karena kegagalan tubuh dalam mengendalikan air dan natrium. Air bertumpuk dalam jaringan tubuh, termasuk otak, sehingga menimbulkan pembengkakan disertai kejang.
Komplikasi pembesaran jantung, jantung koroner, dan pecahnya pembuluh darah otak yang berakibat pada kelumpuhan atau kematian kerap menyertai hipertensi. Oleh karena itu pengobatan hipertensi biasanya didasarkan pada penyebabnya. Umumnya penanganan hipertensi meliputi kombinasi pemberian obat, pengaturan diet, dan olahraga.

Benalu
Tjiong beruntung menemukan obat yang tepat untuk mengatasi hipertensi, yakni benalu plus daun sambiloto. Peneliti di University of Calabar, Nigeria, OE Ofem dan rekan, membuktikan bahwa tumbuhan anggota keluarga Loranthaceae itu berpotensi sebagai antihipertensi. Periset menguji in vivo khasiat antihipertensi ekstrak air daun benalu Viscum album terhadap tikus wistar. Hasil menunjukkan ekstrak benalu secara signifikan mengurangi tekanan darah 11,28% pada tikus bertekanan darah normal, 23,98% (tikus hipertensi dengan sumbatan di arteri ginjal), dan 18,80% (tikus hipertensi yang diinduksi garam).
Menurut Drs Julizar Tanzil Apt, apoteker di sebuah perusahaan swasta, benalu mengandung quercetin yang mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. “Kombinasi dengan sambiloto akan mempercepat penyembuhan  karena sambiloto bersifat diuretik,” ujar alumnus Institut Teknologi Bandung itu. Tanzil lebih menyarankan konsumsi benalu berupa ekstrak. Selain praktis, kandungan senyawa aktif benalu lebih banyak dibanding konsumsi segar.
Di pasaran kini memang terdapat ekstrak benalu sehingga masyarakat mebih mudah memperoleh. Menurut Hudi Leonardo dari PT Citra Deli Kreasitama di Tangerang, Provinsi Banten, ekstrak dalam bentuk tablet lebih praktis dan mencegah rasa tidak enak ketika mengonsumsi. Produsen itu memanfaatkan batang dan daun benalu dari Indonesia dan Tiongkok. ”Proses pembuatannya dilakukan seleksi untuk memilih benalu yang  berkualitas,” ujarnya. Dari benalu segar, menghasilkan ekstrak 5—10%. ”Benalu dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah, memperlancar peredaran darah, dan menyegarkan badan,”  ujar Hudi.
Herbalis di Malang, Jawa Timur, Wahyu Suprapto sering  menggunakan benalu untuk mengobati kanker. Ia meresepkan 6—10 gram benalu kering yang direbus dalam 2 gelas air (450 cc) dan dijadikan setengahnya. Konsumsi benalu juga dengan menyeduh 6 gram benalu kering dalam segelas air. Untuk hipertensi, Wahyu meresepkan secara kombinasi. Sebanyak 6—10 gram benalu kering dan  24 gram daun sembung yang direbus dalam 2 gelas air hingga menjadi setengahnya.  Jika bahan yang digunakan segar jumlahnya                 2—3 kalinya.
Pada pasien yang pembuluh darahnya kurang bagus, Wahyu menyarankan untuk menambahkan  pegagan. Perbandingan benalu, sembung, dan pegagan 1:4:2 yang direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih dijadikan setengahnya. Ramuan itu diminum 2-3 kali sehari. Bagi pohon tertentu, benalu memang parasit yang merugiukan. Namun, bagi para pasien seperti Tjiong benalu justru herbal berkhasiat. (Desi Sayyidati Rahimah)

Keterangan foto

  1. Kombinasi benalu dengan sambiloto mempercepat penyembuhan hipertensi
  2. Kandungan quercetin dalam benalu mampu turunkan tekanan darah
  3. Tablet ekstrak benalu praktis dikonsumsi kapan saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img