Sunday, November 27, 2022

Berkenalan dengan Embah Buyut Hamtaro

Rekomendasi

 

Beberapa hamter lain sedang bermain perosotan, keluar masuk terowongan, atau bermalasmalasan di serutan kayu. Mereka tidur telentang, seolah tanpa beban. Seekor angora putih sedang meminum tetesan air yang keluar dari pipa botol. Namun, kebanyakan hamster syria itu asyik menggerogoti biji bung matahari di piring. Pipi mereka sampai menggelembung menampung hasil geretan.

Gara-gara film Hamtaro yang ditayangkan sebuah stasiun televisi, tikus buntut pendek itu naik pangkat. Anak-anak menyukainya karena lucu, jinak, dan harga relatif murah. Mereka tinggal memilih sesuai warna yang disukai karena perbedaan fi sik antarjenis tidak menonjol.

Hanya 3

Ada 24 jenis hamster, tetapi hanya 3 jenis yang menarik untuk dikoleksi karena mau bersahabat dengan manusia. Jenis lain memilih hidup di alam. Mereka ialah hamster syria, yang ditemukan Aharoni, professor zoologi, di Aleppo, Syria, pada 1930. Warna bulu Mesocricetus auratus itu kuning keemasan membuatnya digelari golden hamster. Inilah cikal bakal hamster klangenan.

Jenis lain yang mau ditonton ialah hamster cina Cricetulus griceus dan hamster rusia. Bila ditilik namanya pastilah berasal dari Cina dan Rusia. Hamster cina bersosok lebih kecil, gendut, dan moncong runcing. Hamster rusia berbulu cokelat, putih, atau kehitaman.

Populasi kedua hamster itu terbatas, sehingga tidak begitu populer. Pada 1970, ditemukan dwarf russian hamster (Phodopus spesies). Penampilannya mirip hamster rusia, tetapi sosok jauh lebih kecil, hanya sekitar 10 cm. Si mini inilah yang banyak beredar di masyarakat.

Chambell

Ketiga jenis disilang-silangkan hingga kini muncul varian baru, terutama dalam hal warna. Ada yang berbulu panjang sehingga disebut hamster angora, meniru nama kucing berbulu panjang. Kreasi lain berbulu putih, merah, abu-abu, hitam, dan cokelat putih (cinnamon), putih bintik hitam. Lalu muncul hamster tiga warna cokelat (golden), putih, dan hitam sehingga disebut tricolor.

Hasil persilangan angora dengan tricolor memunculkan caffrey hamster, jenis tricolor berbulu panjang. Namun, jenis terakhir belum banyak beredar di Indonesia. Kebanyakan yang beredar berbulu pendek warna cokelat dan putih. Atau jenis bulu panjang berwarna putih.

Di Bandung, Chandra pemilik Setra Sari Pet Shop mengoleksi jenis chambell dan djungarian. Keduanya tergolong dwarf russian hamster. Chambell berbulu warnawarni: cokelat, putih, hidan bintik hitam. Perangainya sedikit agresif. Sedangkan djungarian hanya berwarna cokelat putih. Ia lebih jinak sehingga amat mudah diajak bermain. (Syah Angkasa)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img