Sunday, August 14, 2022

Berpadu Lawan Penyakit

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Setiap kali bertemu pasien baru, Valentina Indrajati meluangkan waktu untuk mengobrol lebih lama. Selain mendiagnosis penyakit pasien, herbalis di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu juga mengecek gejala dan keluhan lain yang diderita. “Pengobatan herbal itu bersifat individual,” kata Valentina. Artinya jenis pengobatan sangat ditentukan kondisi setiap pasien, seperti stadium penyakit, bobot tubuh, dan pola konsumsi.

Dua pasien dengan penyakit sama, tetapi memiliki keluhan berbeda, maka komposisi herbal yang diberikan juga berbeda. Dengan begitu pengobatan tidak bersifat ‘tambal sulam’. Maksudnya tidak mengobati penyakit utama dulu, baru keluhan lainnya, tapi justru secara berbarengan.

Pengobatan herbal juga bersifat holistik atau menyeluruh. “Proses pengobatan tidak hanya ditujukan pada penyakitnya saja, tapi fungsi dan kerja organ lain juga perlu dioptimalkan sehingga mendukung metabolisme tubuh untuk mempercepat kesembuhan,” kata Valentina. Oleh karena itu herbal pendamping herbal utama dibutuhkan.

Lebih efektif

Untuk menangani pasien dengan kelainan pada jantung, adenomiosis, keluhan di lambung, usus besar, empedu, dan pankreas sekaligus, misalnya, Valentina meracik hingga 30 jenis herbal. Paduan temuputih, temumangga, kulit manggis, dan sirsak berkhasiat untuk menggempur adenomiosis alias penebalan di luar dinding rahim. Untuk mengatasi gangguan di jantung diserahkan pada daun sembung Blumea balsamifera. Sementara keluhan di lambung diatasi dengan daun salam, rimpang lengkuas, kencur, dan kapulaga. Pemberian dandang gendis Clinacanthus nutans dan jamblang Syzygium cummini menguatkan pankreas.

Dokter dan herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, sepakat pengobatan menggunakan bahan herbal harus bersifat menyeluruh. Dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu menyebut dalam pengobatan dengan herbal terdapat tiga komponen yang tidak bisa berdiri sendiri. Ketiganya yaitu komponen utama untuk mengobati, komponen pendukung untuk mendukung potensi komponen utama, dan komponen penyeimbang untuk mengeliminasi efek toksik bahan utama dan pendukung serta memperbaiki efek homeostasis.

Biasanya komposisi ketiganya: 1-2 bahan herbal utama, 2-7 herbal komponen pendukung, dan 5-7 herbal penyeimbang. “Penggunaan banyak bahan yang saling mendukung-meski dosisnya kecil-lebih efeknya bagi pasien daripada pengobatan dengan satu bahan saja,” kata Sidi.Dokter dan herbalis di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Paulus Wahyudi Halim Med Chir, juga tidak pernah meresepkan herbal secara tunggal. “Tak ada satu peluru ajaib yang mampu menyembuhkan penyakit,” kata dokter ahli bedah dan kanker alumnus Universitas Degli Studi Padova, Italia, itu.

Oleh karena itu Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta, selalu menyertakan madu atau gula aren setiap kali meresepkan kulit manggis. Selain menambah stamina, madu efektif mencegah rasa mual yang kerap muncul saat pasien mengonsumsi herbal mengandung kulit Garcinia mangostana. “Kulit manggis mengandung saponin yang bersifat sebagai zat penyamak. Ini yang menyebabkan mual,” kata herbalis di Tangerang, Provinsi Banten, Lukas Tersono Adi yang biasa menambahkan kunyit pada ramuan mengandung kulit manggis untuk pasien dengan asam lambung tinggi. Menurutnya, kombinasi bertujuan untuk saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing herbal. Dengan begitu kerja herbal secara keseluruhan dalam menyembuhkan penyakit menjadi lebih cepat. (Evy Syariefa/Peliput: Andari Titisari dan Desi Sayyidati Rahimah)

  1. Kerja kulit manggis mengobati penyakit lebih tokcer dengan kombinasi herbal pendamping
  2. Kunyit mencegah mual akibat konsumsi kulit manggis pada pasien dengan asam lambung tinggi

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img