Saturday, April 13, 2024

Bikin Nori Rumput Laut Kaya Gizi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Nori adalah lembaran seperti kertas yang terbuat dari rumput laut. Para juru masak restoran khas Jepang biasanya menggunakan nori untuk membuat makanan bernama sushi. Makanan itu berupa nasi yang dihamparkan pada lembaran nori dengan isian lauk pauk, seperti makanan laut, daging, dan aneka sayuran baik segar ataupun yang sudah matang.

Sejatinya Anda dapat membuat nori sendiri berbahan rumput laut. Nori rumput laut sehat dan bergizi. Anda dapat menggunakan bahan baku rumput laut ulva dan gracilaria.  Warna nori dari gracilaria bening, seperti agar–agar.

Sedangkan ulva menghasilkan nori tebal dan tidak rata.Cuci dahulu sekitar 5 kali hingga bersih. Bisa juga direndam cuka supaya lebih halus, lalu bilas kembali. Setelah itu kering anginkan rumput laut sebelum digunakan.

Selanjutnya haluskan masing-masing jenis rumput laut secara terpisah. Setelah itu campur ulva yang telah dihaluskan ke dalam air dengan perbandingan 1:1, lalu masak selama 10 menit pada suhu 80—85o C sehingga menjadi bubur. Cara yang sama juga dilakukan untuk gracilaria. Namun, perbandingan gracilaria dengan air 1:10.

Setelah itu masak gracilaria pada suhu 100oC selama 2 jam supaya jaringan rumput laut hancur dan mengeluarkan agar-agar dari jaringannya. Tahap selanjutnya campur bubur ulva dan glacilaria.

Untuk memperkuat rasa, tambahkan bumbu diantaranya garam, bubuk bawang putih, lada dan minyak kelapa. Setelah itu tuang bubur ke dalam cetakan, lalu keringkan dalam lemari pengering dengan suhu 50o C selama 2 jam 30 menit.

Hasilnya inori berbobot 2 gram dengan ukuran 10 cm x 4 cm. Kandungan klorofil pada ulva membuat penampakan nori rumput laut mirip dengan nori komersial yang terbuat dari porphyra. Dalam pembuatan nori itu kandungan agar dalam rumput laut gracilaria berperan sebagai bahan pengikat dapat membentuk lembaran nori yang halus dan rata.

Menurut dosen dan peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Fransisca Rungkat, M.Sc, Gracilaria sp., salah satu rumput laut Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi dan banyak diperdagangkan di dunia, lainnya Eucheuma sp., Gelidium sp., Hypnea sp., dan Sargassum sp.

“Selama ini pemanfaatan rumput laut Indonesia baru dilakukan oleh masyarakat pesisir yang dekat dengan bahan baku, sedangkan pemanfaatan oleh masyarakat luas masih sangat terbatas,” ujarnya. Pengolahan rumput laut menjadi nori salah satu upaya diversifikasi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img