Friday, May 24, 2024

Bukan Arwana Biasa

Rekomendasi
- Advertisement -

Ketika diamati dengan saksama, di tengah-tengah dasar akuarium terdapat cawan porselen berisi 2 ekor arwana seukuran telunjuk orang dewasa. Sosoknya tak lazim: 1 tubuh dilekati 2 kepala dan sebuah kepala terdiri atas 2 tubuh.

Pemiliknya Derrick Goh, menjual Sin$65.000—setara Rp325-juta per ekor. Menurut bintang kontes Aquarama 2003 itu arwana uniknya muncul saat menyilangkan sesama ultra chili red.

Qian Hu Fish Farm di Sungai Lekar, Singapura, juga memiliki sepasang arwana unik. Saat Trubus berkunjung ke House of Dragon tampak superred unik dengan tonjolan sebesar telur di bawah mulut. Yang lain silver berukuran 25 cm dengan tutup insang berkibar-kibar bak bendera tertiup angin.

Albino

Menurut Niwan, salah satu penyedia arwana unik di Jakarta, penggemar ikan kahyangan unik di tanah air sedikit. Selain langka, tidak ada patokan harga untuk siluk seperti itu. “Biasanya jika ada barang kita tanya kisaran nilai penawaran. Setelah itu baru tawar-menawar sesungguhnya dilakukan,” ujar Niwan.

Sejauh ini kelainan bentuk arwana beragam. Namun, semua itu dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kategori berdasar keunikannya. Arwana albino bertubuh putih bak salju dan mata merah masih menempati peringkat pertama siluk unik yang diburu. “Jenis itu paling susah dapatnya. Kalaupun ada harganya tinggi sekali,” ujarnya.

Posisi selanjutnya berpenampilan persis albino, tapi memiliki mata seperti arwana umumnya. Jenis yang disebut platinum itu dibagi dalam 2 tingkat warna. Benar-benar putih polos dan putih tetapi bercorak kuning di sirip ekor. Rekor harga platinum tertinggi di dunia yang pernah diketahui adalah Rp2-miliar untuk jenis parrot platinum.

Jenis Scleropages formosus berkepala parrot, kembar siam, berpunuk, berpunggung lebar, dan tubuh pendek berada di posisi ke-3. Toh harganya tetap membelalakkan mata. “Ini saya beli seharga Rp150-juta,” ujar Henry Meng menunjuk superred berukuran 50 cm yang berpunuk. Urutan juru kunci arwana unik yang dicari adalah i tiaw lung. Arwana yang bisa berdarah superred dan golden itu bersisik punggung lurus dalam satu garis. (Dian Adijaya Susanto)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img