Sunday, November 27, 2022

Bunga Melon Rontok

Rekomendasi

Saya memiliki tanaman melon cantaloupe dari bibit asal biji. Bunganya lebat tetapi lebih banyak bunga jantan sementara jumlah bunga betina sangat sedikit. Bunga betina pun tak bertahan lama, layu dan rontok. Daun ke 5-8 kerdil dan kekuningan. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Mengapa bunga betina rontok?
  2. Bagaimana cara agar bisa menghasilkan bunga betina yang sehat dan menjadi buah?
  3. Apa yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh subur?
J. Andres
Jakarta

 

 

Sobir PhD

  1. Tanaman melon memiliki 2 tipe bunga: bunga jantan dan bunga lengkap (hermaprodit). Buah akan terbentuk bila putik diserbuki oleh polen alias serbuk sari, baik dari bunga itu sendiri atau bunga jantan. Bunga hermaprodit gugur karena tidak diserbuki. Faktor lain, akibat suhu terlalu tinggi dan kurang air pada masa pembentukan buah.
  2. Untuk mendapatkan bunga hermaprodit yang sehat tanaman memerlukan nutrisi yang cukup. Caranya beri pupuk dasar terdiri dari 2 kg pupuk organik, 30 gram NPK (16-16-16) dan 100 gram dolomit 1 minggu sebelum tanam. Setelah itu dilanjutkan dengan pupuk susulan NPK (10 g/l) sebanyak 200 cc/tanaman/minggu mulai 1 minggu setelah tanam. Untuk menjamin bunga jadi buah, maka harus dilakukan penyerbukan buatan dengan mengoles serbuk sari ke putik yang matang.
  3. Gunakan mulsa, lakukan pemangkasan tunas air, perambatan tanaman ke ajir, pengendalian organisme pengganggu tanaman, dan gunakan benih bermutu dari produsen benih. Benih yang diambil dari buah menghasilkan tanaman dan buah yang beragam.
Previous articleJengkol Kaya Gizi
Next articlePanen Kulit, Tuai Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img