Wednesday, August 17, 2022

Panen Kulit, Tuai Kayu

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Sekali merengkuh dayung, dua pulau terlalui. Sembari memanen kulit manis, didapat juga kayu eksotis untuk bahan membuat mebel, kotak tisu, dan sendok garpu.

 

 

 

 

 

 

 

Pekebun di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, itu membuat garis melingkari batang tanaman setinggi 3,5 m dan berdiameter 20 cm itu pada ketinggian 20 cm dari permukaan tanah. Pelukaan menggunakan pisau tajam itu untuk memotong jaringan kulit supaya terlepas dari kambium.

Selanjutnya ia mulai menguliti kulit batang pohon itu menggunakan cungkil. Pisau itu berbentuk bengkok dengan ujung runcing sehingga kulit gampang terlepas dari batang pohon. Ia mencungkil kulit batang membentuk lembaran selebar 3-4 cm dan panjang 1 m. Lalu mengikatnya membentuk gulungan-gulungan, memasukkan dalam keranjang, dan siap menjual.

Begitulah salah satu cara pekebun memanen kulit batang kayumanis Cinnamomum burmanii. Pekebun kemudian menebang pohonnya dan membiarkan tunggul setinggi 20 cm itu mengeluarkan beberapa tunas, lalu mempertahankan satu tunas saja dan menunggu panen kayumanis berikutnya 5-6 tahun kemudian. Panen paling baik dilakukan di akhir musim kemarau atau awal musim hujan dan seluruh daun tanaman sudah berwarna hijau tua.

Harga turun

Kayumanis salah satu bumbu masak tertua. Kulit kayu tanaman anggota famili Lauraceae itu sudah dipakai sejak zaman Mesir Kuno pada 5.000 tahun silam. Para juru masak memasukkan serbuk kayumanis untuk memberi citarasa dan aroma khas. Sebuah hotel menyediakan kulit kayumanis seukuran sendok untuk mengaduk gula saat kita membuat teh manis. Citarasa dan aroma khas cassiavera pun memanjakan indera. Kulit kayu manis juga bahan obat tradisional hingga kosmetik.

Indonesia memasok 80% kebutuhan kayumanis dunia. Sentra produksi utama tersebar di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, serta Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Pada 2008, total produksi kayumanis tanahair mencapai 102.478 ton dari luas penanaman 105.366 ha. Sebanyak 41% untuk memasok pasar ekspor ke Amerika Serikat, Meksiko, dan Perancis.

Sayang, harga kayumanis kini tak semanis namanya. Harga kulit kayu tanaman kerabat avokad itu pada 1998 mencapai Rp8.000 per kilogram kulit kering gulung di tingkat petani. Sekarang hanya Rp3.000 per kg. Penyebabnya kualitas kulit kayumanis rendah, seperti kulit yang kurang bersih, bercampur antara kulit batang, cabang dengan kulit ranting. Panjangnya rantai tataniaga, ekspor dalam bentuk bahan mentah, dan munculnya negara pesaing seperti Vietnam, China, dan India turut andil menurunkan harga. Penyebab lain, isu tingginya kandungan kumarin pada kulit kayumanis Indonesia. Zat kimia dari kelas benzopiren itu dituding menyebabkan alergi, merusak hati, hingga memicu kanker.

Meski demikian, volume ekspor kayumanis terus naik. Pada 2005 misalnya volume ekspor sebesar 37.192 ton, lalu meningkat menjadi 42.555 ton pada 2008. Itu karena kebutuhan akan bahan pewangi dan kecantikan serta obat-obatan  yang bersifat alami semakin meningkat, mencapai 9% per tahun.

Berkah kayu

Bersamaan dengan panen kulit, pekebun juga mendapat kayu. Dari setiap ton kulit kayumanis didapat 3 m3 “limbah” kayu. Kayu tanaman kayumanis tergolong kayu kelas kuat 3-setara dengan ramin, durian, atau kamper. Keistimewaan kayu cassiavera itu berurat indah dan harum. Kayu mudah diolah, berwarna cokelat lembut, sehingga sosoknya menarik dan-yang terpenting-tidak disukai rayap. Selain sebagai bahan bangunan, kayu dapat diolah menjadi mebel, kerajinan seperti kotak tisu, tasbih, sendok, atau garpu.

Agar lebih awet, rendam kayu dalam air 6 bulan sebelum diolah. Secara tradisional, perajin biasa merendam dalam tambak atau empang. Sedangkan cara yang lebih modern yaitu merebus kayu pada suhu 70-900C selama beberapa jam. Tujuannya sama: mengeluarkan gelembung udara dari pori-pori kayu dan membunuh telur kumbang perusak yang telanjur masuk.

Industri pengolahan kayu menghendaki kayu lurus tak bercabang. Padahal secara alamiah kayumanis cenderung bercabang banyak. Pertumbuhan cabang mengurangi kecepatan tumbuh batang utama dan mengurangi kualitas kayu. Untuk itu, lakukan pemangkasan sejak tanaman berumur 1 tahun pascatanam. Pangkas cabang yang tumbuh pada sepertiga bagian bawah batang utama. Pemangkasan merangsang pertumbuhan batang utama dan pembesaran lingkar batang. Batang pun tumbuh lurus. Gunakan alat pemotong yang tajam agar hasil pangkasan rata dan perlukaan mudah pulih kembali sehingga kualitas kulit kayumanis tetap tinggi.

Selain itu, lakukan pengendalian hama dan penyakit terutama penyakit kanker batang dan hama penggerek pengebor kulit. Serangan keduanya menyebabkan batang rusak sehingga kualitas kayu rendah. Hama penggerek diberantas dengan menyuntikkan insektisida sistemik ke lubang bekas gerekan lalu menutupnya dengan kayu.

Tebang pohon sesuai ukuran yang diinginkan industri pengolahan kayu. Penebangan serampangan bisa menyebabkan kayu retak atau terbelah. Tahun ke-8 pascatanam, diameter batang tanaman kayumanis yang terawat baik mencapai  20 cm setinggi 3,5 meter. Dari pohon itu pekebun mendapat 5 kg kulit kayumanis dan 0,17 m3 kayu. Dengan populasi 1.000 pohon per hektar maka produktivitas menjadi 5 ton kulit dan 17,6 m3 kayu.

Hasil lain berupa 7,5 ton  kayu ranting dan 3,75 ton daun. Ranting bisa diolah menjadi papan partikel, sedangkan daun disuling untuk menghasilkan minyak asiri. Sebuah hotel di Taiwan mengolah daun menjadi minuman untuk sajian pada tamu yang baru datang. Maka potensi cassiavera bukan sekadar kulit nan manis. (Ir Rusli dan Ir Yulius Ferry, peneliti di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar di Sukabumi, Jawa Barat)

 

Keterangan foto :

  1. Pasokan kulit kayumanis Indonesia memenuhi lebih dari 80% kebutuhan dunia
  2. Selain menghasilkan kulit batang, panen kayumanis juga menghasilkan kayu
  3. Kayu kayumanis berpotensi diolah menjadi bahan bangunan, mebel, maupun kerajinan tangan seperti kotak tisu atau tasbih
  4. Batang kayumanis hasil panen
  5. Sebuah hotel di Taiwan mengolah daun kayumanis menjadi minuman untuk sajian pada tamu yang baru datang
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img