Saturday, December 3, 2022

Cabai Baru Tahan Gempuran Virus

Rekomendasi

Dua cabai baru yang produktif dan tahan virus.

Ukuran daun muda lebih kecil atau terdapat belang terdapat pola belang atau mosaik di permukaan daun, serta daun-daun muda keriting dan menggulung pertanda penyakit Chili Veinal Mottle Potyvirus(ChiVMV) mulai menyerang tanaman cabai. Virus belang itu membonceng serangga vektor seperti aphid Myzus persicae, Aphis gossypii, Aphis craccivora, Rhopalosiphum maidis, Toxoptera citrida, dan Hysteroneura setariae.

Sosok cabai carvi, bentuk dan ukurannya seragam.

Tingkat kerugian akibat serangan virus itu mencapai 75%. “Cabai merupakan salah satu inang utama dari virus belang, sebarannya juga sudah cukup meluas di Indonesia,” kata Dr. Ifa Manzila, M.Si dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian. Perbedaan kondisi lingkungan satu sama lain di Indonesia menjadikan suatu komoditas harus mampu beradaptasi di berbagai keadaan.

Produktif dan adaptif

Menurut Dr. Ifa Manzila, M.Si, pengendalian penyakit belang pada cabai cukup sulit. Prevalensi penyakit terus meningkat dan mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman yang signifikan. Penularan virus antartanaman sangat mudah melalui serangga vektor. Salah satu upaya menangkal serangan makhluk mini itu adalah membudidayakan varietas tahan ChiVMV.

Seperti namanya, carvi agrihorti—akronim dari cabai tahan virus agrihorti—merupakan varietas cabai tahan virus belang hasil rakitan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen). Calon varietas unggul baru itu hasil mutasi genetik secara kimiawi sehingga tahan terhadap serangan virus belang. Pemulia varietas cabai baru itu Dr. Ifa Manzila, M.Si yang menghabiskan waktu 10 tahun untuk meriset.

Menurut Ifa Manzila cita rasa carvi lebih pedas dibandingkan dengan cabai gelora, tetuanya. Kadar capsaicin yang merupakan senyawa yang memberi rasa pedas mencapai 2,6 mg per gram. Pada umumnya cabai di Indonesia berkadar capsaicin rata-rata 0,1 mg per gram. Carvi cabai merah berukuran besar. Bobot setiap buah mencapai 12,85 gram, lazimnya bobot cabai hanya berkisar 7—8 gram per buah.

Cabai baja hasil pemuliaan PT East West Seed Indonesia.

Bentuk buah panjang, rata, dan seragam menjadikan tanaman itu tak hanya sedap di lidah tapi juga sedap dipandang. Ifa Manzila mengatakan, magori atau panen perdana ketika tanaman berumur 91 hari sejak tanam. Produksi pada magori mencapai 140 gram per tanaman. Petani yang membudidayakan carvi memanen hingga 6—8 kali dalam satu periode budidaya.

Dengan jumlah panen itu, produktivitas carvi lebih tinggi 10—15% dibandingkan varietas tetuanya gelora. Total produktivitas carvi mencapai 1.100 gram per tanaman setara dengan 21—23 ton per hektare. Selain produktif dan tahan virus, carvi juga mampu bertahan di beragam ketinggian tempat di Indonesia tanpa mempengaruhi produktivitasnya.

Dr. Ifa Manzila, M.Si pemulia cabai carvi agrihorti.

Tahan virus gemini

Produsen benih PT East West Seed Indonesia juga merilis cabai merah besar varietas baru, yaitu baja. Sosok baja tak kalah seronok jika dibandingkan dengan carvi. Bobot buah hanya 6—7 gram. Menurut Retha Amanda Dotulong dari PT East West Seed Indonesia cabai baja memiliki ketahanannya terhadap penyakit virus gemini dan layu bakteri. Cabai itu mampu beradaptasi di segala ketinggian tempat, baik rendah, menengah, dan tinggi.

Retha mengatakan, cabai baja juga mampu bertahan di kondisi kering ketika musim kemarau. Potensi produktivitasnya mencapai 25—29 ton per hektare. Magori atau panen perdana pada hari ke- 80—82 setelah tanam. Baja hasil persilangan dari tetua varietas lokal. Kehadiran kedua cabai baru itu, carvi dan baja,jawaban atas serangan penyakit belang dan gemini yang acap mencuri laba petani cabai. (Hana Tri Puspa Borneo Hutagaol)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img