Wednesday, February 8, 2023

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Rekomendasi

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari titik lahan yang akan dibangun hingga konstruksi rumah walet.

Misalnya, jika rumah walet kerap bergetar berarti itu menjadi penyebab walet enggan menginap dan bersarang. Sekalipun si liur emas menginap hanya bertahan beberapa hari, kemudian kabur sebelum sempat membuat sarang.

Salah satu penyebab rumah bergetar karena kemungkinan faktor tanah sekitar rumah merupakan tanah urukan dan fondasi bangunan kurang kokoh. Apalagi, jika lokasi rumah walet persis di pinggir jalan yang belum diaspal dan kerap dilewati kendaraan berat.

Jika kendaraan berat melaju, getarannya terasa hingga ke dalam rumah. Getaran akan membuat walet tidak nyaman. Jika yang terjadi seperti itu, idealnya segera memperbaiki struktur rumah. Caranya, gali kemudian perkuat fondasi hingga tidak ada getaran di rumah walet. Bisa menggunakan batu kali sebagai bahan fondasi agar kuat.

Namun jika baru hendak membangun, kenali dulu titik lokasi yang akan dibangun, hindari tanah urukan yang berakibat rumah bergetar, atau sekalipun terpaksa, pastikan pembangunan fondasi baik, tidak menyebabkan rumah bergetar.

Kasus rumah bergetar ini sebetulnya banyak dijumpai, tetapi pemiliknya rata-rata tidak sadar. Pemilik baru sadar ketika perkembangan rumah walet tiba-tiba mandek.

Hal lain yang kerap diabaikan oleh pemilik rumah adalah jarak dari papan sirip ke lantai. Padahal, tinggi rumah tiap lantai amat menentukan hasil panen sarang. Contoh tinggi dari papan sirip ke lantai hanya 2 meter. Hal itu menyebabkan walet enggan menginap.

Jarak antara papan sirip dan lantai terlalu rendah menyebabkan walet sulit terbang. Hewan anggota Apodidae itu memerlukan manuver untuk terbang. Jarak terlalu rendah menyebabkan walet takut sehingga enggan menginap. Sebaiknya, tinggi minimal dari papan sirip ke lantai 2,75 meter.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Sukses Budidaya Lele agar Menguntungkan

Trubus.id — Budidaya lele tak semudah yang dipikirkan. Beberapa kendala akan ditemui saat seseorang sudah mulai terjun di peternakan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img