Sunday, May 19, 2024

Cara Mudah Memperbaiki Kualitas Tidur

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Banyak pilihan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas tidur. Selain pala dan jahe, seseorang yang mengalami gangguan tidur dapat menggunakan kamomil untuk merilekskan badan.

Menurut dr. Soeklola, Sp.KJ, MSi., dokter spesialis kedokteran jiwa di Rumah Sakit Grha Kedoya, Jakarta Barat, kamomil Matricaria chamomilla atau Chamaemelum nobile mampu merangsang produksi melatonin dan flavonoid apigenin.

Melatonin merupakan hormon pengatur siklus tidur. Sementara itu, epigenin berfungsi menenangkan dan menurunkan kecemasan. Konsumsilah segelas kamomil setelah makan malam atau maksimal 90 menit sebelum tidur.

Hindari minum kamomil terlalu dekat dengan jam tidur karena akan menyebabkan buang air kecil terlalu sering. Akibatnya, malah berdampak mengganggu tidur malam.

Selain itu, dr. Soeklola, menyebut, akar manis bisa menjadi pilihan lain untuk mencegah ganguan tidur. Tanaman itu lama digunakan secara tradisional sebagai pengatur (tonik) kelenjar adrenal—bertanggung jawab atas pelepasan hormon stres.

Pemberian tonik digunakan membantu menenangkan sistem kelenjar adrenal yang letih sehingga tidur pun pulas. Selain kamomil dan akar manis, masih ada lavender, teh hijau, dan kiwi yang juga membantu mengatasi gangguan tidur.

“Teh mengandung L-theanine berjuluk asam amino relaksasi. Fungsinya meningkatkan tidur dan membantu mengurangi kecemasan,” tuturnya.

Riset ilmiah membuktikan, konsumsi L-theanine pada orang dewasa meningkatkan aktivitas gelombang alfa otak. Gelombang alfa mendorong relaksasi.

Aroma bunga lavender mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Bahkan, dari aroma yang dihasilkan membuat otot menjadi lebih rileks. Hal itu berguna untuk merangsang efek kantuk dan membuat seseorang tertidur lebih cepat.

Dalam aplikasinya, menurut dr. Soeklola, seseorang bisa meneteskan minyak esensial lavender di bantal atau dengan menaruh bunga lavender segar di kamar tidur.

Pilihan lain, memperbaiki kualitas tidur dengan mengonsumsi buah kiwi. Buah kiwi mengandung serotonin, antioksidan, dan glisin. Serotonin membuat seseorang lebih rileks. Sementara itu, glisin merupakan asam amino yang berperan menurunkan suhu tubuh saat malam. Untuk mendapatkan kualitas tidur baik, upayakan konsumsi dua buah kiwi sebelum tidur.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img