Sunday, May 19, 2024

Cara Sambung Singkong untuk Tingkatkan Produktivitas

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Kenaikan produksi menjadi impian petani singkong. Ada beragam upaya untuk menaikkan produktivitas singkong. Salah satunya dengan sambung singkong. Menyambung singkong karet (batang atas) dan singkong unggul (batang bawah) terbukti meningkatkan produksi hingga 100%.

Berikut ini cara sambung singkong untuk meningkatkan hasil produksi.

1. Pilih bahan batang atas singkong karet (jenis karet super, karet tegak merah, atau karet nyonya) panjang batang sekitar 40—50 cm teridiri atas rata-rata 4—5 daun. Pangkas daun pada batang atas, sisakan 1 daun pucuk.

2. Pilih bahan batang bawah singkong unggul contohnya antara lain, jenis pandesi putih, kuning gading, gajah dan marini super. Batang bawah ideal sepanjang 1 meter. Lancipkan pangkal batang bawah agar mudah menanam.

3. Buat irisan tipis pada batang bawah di mata singkong ke 3 dari atas, sebagai tempat menempel batang atas. Usahakan lebar irisan menyesuaikan dengan diameter batang atas yang hendak ditempel.

4. Lancipkan batang atas (singkong karet) agar sesuai dengan irisan pada mata tempel. Idealnya titik sambung okulasi antara mata tempel batang atas dan bawah.

5. Balut menggunakan plastik es. Pastikan balutan cukup kuat tetapi tidak terlalu ketat. Balutan rata-rata menggunakan 2—3 plastik es. Buat lagi 1 balutan menggunakan 1 plastik es pada pangkal atas agar batang atas tidak mudah rebah ketika tumbuh.

6. Bibit tanaman berumur 3 pekan setelah sambung siap tanam. Cirinya sambungan telah tersambung dan batang atas menunjukkan adanya pertumbuhan. Bibit sambung setinggi 0,8—1 meter bisa untuk 5 kali penanaman.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img