Saturday, June 22, 2024

Cara Sembuh dari Diare

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Diare membuat orang tidak nyaman. Bagaimana tidak, diare disertai perut mulas amat menyiksa. Badan menjadi lemas akibat banyak cairan tubuh terbuang. Berikut ini beberapa upaya mengatasi diare.

Daun mangga

Konsumsi daun mangga mujarab mengatasi diare. Ekstrak daun mangga terbukti menghambat aktivitas bakteri Escherichia coli dan Bacillus sp. penyebab diare. Itu hasil riset Qudsia Kanwal dan rekan dari Universitas Punjab, Lahore, Pakistan.

Mereka mengekstrak 500 gram daun mangga segar menghasilkan flavonoid dengan konsentrasi 100, 300, 500, 700, 900, dan 1.000 ppm. Ekstrak itu diberikan kepada media yang mengandung bakteri E. coli dan Bacillus sp.

Hasilnya, aktivitas bakteri terhambat hingga 75—99%. Flavonoid daun mangga bersifat toksik terhadap bakteri sehingga lambat laun bakteri mati.

Rumput teki

Alternatif lain untuk mengatasi diare yaitu dengan memanfaatkan rumput teki. Cyperus rotundus itu banyak tumbuh di halaman atau lahan pertanian. Ekstrak rimpang teki yang hitam keras terbukti antibakteri.

Itu dibuktikan melalui riset in vitro yang ditempuh oleh Sohadi Warya dari Jurusan Farmasi Universitas Padjadjaran. Rimpang rumput teki mengandung flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan triterpenoid. Di Eropa rimpang gulma sepanjang 3 cm itu dipanggang sebagai pengganti kopi dan pencampur cokelat.

Beras sangrai

Beras sangrai bisa dimanfaatkan sebagai obat diare. Caranya sangrai beras hingga gosong. Setelah itu haluskan, lalu campur dengan segelas air matang.

Beras mengandung lemak, protein, fosfor, kalsium, besi, dan vitamin B1 yang sangat baik untuk mengatasi diare. Larutan itu diminum 3 kali sehari. Hasilnya, diare pun sirna.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img