Monday, August 8, 2022

Cinta Tomat Belum Tamat

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

;”>

Pekebun tomat di Tugumukti, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, itu memang sengaja mendatangkan kontainer ke kebunnya. Tujuannya untuk menjaga kualitas sayuran. Jika ia mengirimkan tomat dengan truk ke Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, kerabat terung itu harus diturun-naikkan ke kontainer, sehingga memicu kerusakan.

Dengan mendatangkan kontainer ke kebun, pekebun sejak 20 tahun lampau itu terhindar dari risiko buah bonyok dan tercecer. Selain itu kontainer berpendingin menjaga kesegaran tomat hingga pasar tujuan. Maklum, dari Bandung menuju ke Pelabuhan Tanjungpriok dan dikapalkan ke Pelabuhan Batam, butuh waktu 4 hari. Kiriman itu untuk memenuhi permintaan 30 ton per minggu. Syahid Albarkah rutin memasok tomat setiap pekan sejak 2000. Hanya tomat bermutu yang ia kirimkan. Cirinya kematangan 75%, mulus, bebas serangan hama dan penyakit.

Kematangan 75% agar ketika tiba di Batam, tomat mendekati matang sempurna. Selain itu buah mengkal relatif tahan guncangan sehingga tak mudah rusak. Dari perniagaan itu ia memperoleh harga Rp3.000 per kg atau total omzet sekali kirim Rp36-juta. Ia menangguk laba bersih Rp13-juta dari sekali kirim.

Risiko pasar

Perniagaan Syahid ke Batam berawal ketika seorang mitra menghubunginya untuk memenuhi permintaan pengusaha di sana. Sejak 2003 Syahid mengirimkan 3-4 kontainer per minggu di bawah bendera CV Berkah Tani.

Selain ke pasar Batam, pria kelahiran Bandung 5 Maret 1960 itu juga menjual tomat ke Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi, 10 ton per hari. Kesinambungan pasokan itu terjaga karena ia mengelola 30 ha. Dengan mengatur pola tanam, setiap hari ia memanen 40 ton. Syahid menyemaikan 100 gram benih setiap hari. Bibit dipindahtanamkan 20 hari kemudian di lahan seluas 1 ha.

Setiap hektar berisi 16.000 tanaman. Dengan produktivitas 3 kg per tanaman, ayah 2 anak itu menuai 50 ton per ha. Hasil panen disortir berdasarkan permintaan pasar. Kelas A untuk pasar Batam berbobot di atas 100 g; kelas B untuk pasar Cibitung, 75-100 g. ‘Kelas A dan B mencapai 75%, sisanya kelas C untuk pakan ternak,’ kata Syahid. Tomat masuk kelas C jika ada cracking alias pangkal buah retak, berlubang, dan bentuk tak bulat.

Menurut sulung dari 4 bersaudara itu biaya produksi tomat Rp2.500 per tanaman. Jika produksi per tanaman 3 kg; artinya biaya sekilo tomat hanya Rp835. Dengan perhitungan harga jual Rp2.500/kg, ia meraup laba bersih Rp85-juta per ha.

Di pasaran, harga jual tomat amat fluktuatif. Itulah sebabnya, tak selamanya ia meraih laba. Pada Oktober 2003, misalnya, harga tomat Rp100 dari sebelumnya Rp3.000 per kg. Padahal, ketika itu biaya produksi mencapai Rp700 per kg. Pada tahun yang sama ia hanya menuai 20 ton akibat serangan virus. Pengalaman pahit lain saat tengkulak tak membayar hasil panen, kerugian mencapai Rp40-juta.

Sejak belia

Meski tak ada jaminan selalu untung Syahid tetap mengebunkan tomat. ‘Permintaan tomat tak pernah surut,’ katanya. Keinginan menjadi pekebun tomat memang tumbuh sejak belia. Ia ingat persis ketika kanak-kanak lebih sering bermain di kebun tomat milik ayahnya ketimbang bermain bola dengan teman sebaya.

Usai menamatkan pendidikan menengah, ia justru mengolah lahan untuk budidaya tomat, tak tergoda mengadu nasib ke kota seperti teman-teman sekampungnya. Pehobi bulutangkis itu dihadiahi 1 ha lahan ketika menikah dengan Siti Nuraini pada 1981. Sedikit demi sedikit laba mengebunkan tomat ditabung dan dibelanjakan tanah.

Hingga kini ia mempunyai 10 ha lahan. Sedangkan 20 ha lainnya, lahan keluarga dan sewa. Berkat tomat, Syahid membangun rumah dua lantai, membeli kendaraan, menghidupi keluarga, dan 40 karyawannya. (Andretha Helmina)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img