Saturday, April 13, 2024

Disilang, Abnormal, Muncul Wajah Baru

Rekomendasi
- Advertisement -

Tujuh di antaranya asyik mengamati lebih dari 100 pot azalea yang sedang memamerkan bunga. Seakan tak mau kehilangan momen, mereka pun langsung berfoto di antara tanaman suku Ericaceae itu. Decak kagum pengunjung lain terdengar ketika pertama kali melihat azalea.

Wajar bila azalea menarik perhatian pengunjung. Bunga bergerombol di ujung ranting tanaman dengan warna sangat mencolok. Ada yang berwarna merah muda, putih, oranye, dan merah. Selain warna-warna tunggal, bunga rhododendron pun menampilkan kombinasi 2 warna yang berbeda. Oranye bergaris putih, merah jambu dengan pinggir putih, serta putih bercak merah.

Tak hanya warna, bentuk bunga pun beragam. Ada yang seperti bunga lili, kembang sepatu, dan ada pula yang mirip bunga mawar. Azalea dengan bentuk dan warna beragam itu didatangkan Asen, koordinator di MG Group, dari Australia awal 2005. Di tanahair sendiri sebenarnya “Ada lebih dari 100 jenis azalea,” ujar Karen Syarif, ketua Asosiasi Pengusaha Bunga Indonesia. Azalea asli Indonesia mayoritas terdapat di Papua. Hanya saja belum banyak orang tahu.

Hasil silangan

Selain azalea-azalea introduksi dari Australia, rhododendron baru hasil silangan anak negeri pun kini telah hadir. Di antaranya, mariane, pacifi c blue, dan rose bud. Yang disebutkan pertama, warna bunga lebih bervariasi. Merah polos, merah keunguan bergaris merah muda, dan putih bintik-bintik merah. Bentuk bunga mariane mirip dog wood orange, single. Mahkotanya yang berjumlah 5 helai menyatu, sehingga berbentuk seperti bunga terompet.

Mariane mulai berbunga pada umur 10 bulan. Ia hasil silangan Siswojo Utomo, ahli azalea. Keistimewaannya, dalam satu tanaman muncul 3 warna berbeda.

Jenis lain yang tak kalah cantik, pacifi c blue. Dalam satu tanaman keluar 2 bunga dengan warna berbeda, ungu dan merah keunguan. Bentuk bunga mirip mariane. Berikutnya, rose bud. Bentuk bunga sangat menarik. Mahkota bunga tampak penuh dan berlapis-lapis sehingga terlihat seperti bunga mawar. Kedua azalea di atas juga hasil silangan Siswojo.

Keistimewaan lain, ukuran bunga besar dengan mahkota bagian pinggir berlekuklekuk. Bunga berwarna merah muda dengan kombinasi garis-garis putih. Azalea baru, baik hasil silangan maupun mutasi, sama-sama punya kelebihan. Bunga lebih tahan lama dan tahan terhadap kutu daun. Misalnya milik Benny Hendratno dari Flora Wiyataguna, di Bandung, dapat bertahan hingga satu bulan.

Azalea baru hasil mutasi yang terdapat di kebun Benny adalah swd orange. Bunga dog wood orange, nama lain swd orange, berwarna merah keoranyean. Bentuk bunga mirip Eiko, mahkota bunganya hanya selapis. Kelebihannya, ia tumbuh lebih cepat dibanding jenis lain. Dalam 5 tahun, tinggi tanaman mencapai 2 meter. Yang pasti, semua rhododendron baru itu tampil elok dan kehadirannya pantas menyemarakkan halaman rumah Anda. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Hanni Sofi a)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img