Saturday, June 22, 2024

Dua Durian Khas Kepulauan Bangka Belitung

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Toko Durian Traveler cabang Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten, kedatangan tamu istimewa pada 26 Desember 2022. Tamu istimewa itu Djohan Riduan Hasan yang membawa hasil panen berupa 5 durian super tembaga dan 2 durian namlung petaling.

Kedua durian itu varietas durian yang digadang-gadang jadi ikon Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Direktur Utama Durian Traveler Store, Alif Al Badri, dan pendiri komunitas Durian Traveler Indonesia, Sigit Purwanto, mencicipi kedua durian itu.

Yang pertama dibuka adalah super tembaga. Setiap kali membuka durian super tembaga, Alif tak henti berdecak kagum. Musababnya, daging buah super tembaga semuanya berwarna jingga mentereng.

Alif Al Badri mencicipi satu juring dari salah satu buah. Ternyata satu juring durian hanya terdiri atas satu pongge. Itu berarti daging buahnya pasti tebal. Alif pun memotong satu pongge menjadi dua dan berbagi dengan Sigit. Ternyata benar, daging buah super tembaga sangat tebal, sekitar 3 cm dan berbiji kempis.

“Masuk mulut langsung terasa pahitnya. Ini durian super tembaga yang menunjukkan top performanya. Teksturnya sudah bagus karena tersimpan 2 malam. Aroma dan rasanya itu wah …,” kata Alif tak bisa berkata-kata lagi.

Sigit juga merasakan sensasi yang sama. “Ini the best, teksturnya tidak bertepung, sangat halus, ketebalan begitu dimakan langsung melted. Aroma dan kepekatan rasanya banyak sekali,” tutur Sigit.

Hebatnya lagi, sebagian besar biji super tembaga kempis. Dengan keunggulan seperti itu, pantas para penggemar memburu durian itu. Bahkan, harga super tembaga saat ini tergolong fantastis.

“Harga super tembaga mencapai Rp1,5 juta—Rp2 juta per kg,” kata pedagang dan penjual bibit durian di Pangkalpinang, Pulau Bangka, Devi Anastasia. Harga itu melampaui harga musangking yang hanya Rp300.000— Rp500.000 per kg.

Menurut Alif, hal seperti itu lumrah terjadi. Hukum supply and demand berlaku. Ketika permintaan tinggi, banyak orang penasaran, tetapi pasokan terbatas, maka pantas harganya tinggi.

Selain super tembaga, durian unggul lain dari Bangka yakni namlung petaling. Anda dapat mengetahui keunggulan durian namlung petaling di Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023.

Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023 mengupas tuntas terkait potensi durian lokal unggul di 4 sentra. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img