Enam Durian Lokal yang Banyak Diburu Pehobi

0
durian mbenda
Durian mbenda. (Dok. Trubus)

Trubus.id — Indonesia memiliki beragam durian unggul yang kerap dicari maniak durian. Setidaknya, ada enam durian lokal yang banyak diburu oleh kalangan pehobi durian, antara lain durian keju, mbenda, ErTe, sirouf, simimang, dan mertosono.

Durian keju

Durin keju mempunyai ciri antara lain rasa dominan manis, warna daging kuning, tekstur berkrim, dan biji bernas. Durian keju berasal dari Dusun Dirun, Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Musim panen durian keju pada September, sedangkan panen raya pada Januari dan Februari. Harga durian keju Rp75.000 per kilogram.

Durian mbenda

Durian mbenda berciri-ciri rasa manis pahit, warna daging kekuningan, dan 75% biji kempis. Durian ini berasal dari Dusun Dirun, Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Musim panen durian mbenda pada September, sedangkan panen raya pada Januari dan Februari. Harga durian ini Rp115.000 per kilogram.

Durian ErTe

Durian ErTe memiliki rasa manis sedikit pahit, warna daging kuning sedang, biji bernas dan kempis. Durian ErTe berasal dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Musim panen pada September, sedangkan panen raya pada Januari dan Februari. Harga durian ini Rp80.000 per kilogram.

Durian sirouf

Durian sirouf bercita rasa manis pahit seimbang, warna daging kuning, dan biji bernas. Asal durian ini dari Dusun Dirun, Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Musim panen pada September, panen raya jatuh pada Januari dan Februari. Harga durian sirouf Rp150.000 per kilogram.

Durian simimang

Durian simimang mempunyai ciri rasa manis pahit seimbang, warna daging kuning pekat, dan biji kempis. Durian simamang berasal dari Dusun Mimang, Desa Pekauman, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Musim panen pada September, sedangkan panen raya pada Januari dan Februari. Harga durian ini Rp80.000 per kilogram.

Durian mertosono

Durian mertosono memiliki cita rasa manis pahit seimbang, warna daging kuning cerah, dan biji kempis. Asal durian ini dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Musim panen pada September, panen raya pada Januari dan Februari. Harga durian ini Rp200.000 per kilogram.