Enam Tahapan Membuat Beras Analog dari Tepung Jagung

0
membuat beras analog berbahan dasar jagung
Proses pembuatan beras analog berbahan dasar tepung jagung. (Dok. Trubus)

Trubus.id — Inovasi beras analog merupakan pengembangan untuk mengangkat derajat sumber karbohidrat selain padi. Pembuatan beras analog bisa menggunakan beragam bahan baku alternatif, antara lain jagung, sorgum, sukun, ubi, pisang, dan singkong.

Keunggulan beras analog salah satunya adalah kandungan gizi dapat diatur sesuai keperluan. Beras analog juga dapat diolah dengan indeks glikemik rendah, serat tinggi, dan kandungan gizi tinggi.

Selain sebagai pilihan pangan alternatif, beras analog juga dapat dikembangkan sebagai beras fungsional untuk kebutuhan khusus, seperti untuk penderita diabetes, kolesterol tinggi, atau kebutuhan diet lainnya.

Beras analog berbahan nonpadi sebagai sumber karbohidrat alternatif agar tidak bergantung terus pada konsumsi nasi. Cara membuat beras analog berbahan tepung jagung sebagai berikut.

  1. Campur seluruh bahan baku, yakni tepung jagung, minyak sayur, dan air.
  2. Aduk seluruh bahan menggunakan mesin pencampur selama 5 menit hingga seluruh bahan tercampur merata. Diamkan sebentar agar terjadi penyerapan air pada bahan baku.
  3. Masukkan adonan ke ekstruder—alat untuk melakukan proses ekstrusi yang meliputi proses pencampuran bahan, pemasakan, dan pencetakan. Selama proses pengolahan di dalam ekstruder, adonan dipanaskan pada suhu 80–90°C dan dicampur air. Tujuannya, agar adonan menggumpal dan matang sehingga hasil akhir terbentuk butiran beras yang tidak mudah pecah dan mengilap.
  4. Setelah itu, adonan akan masuk ke ruang pencetakan. Keluar dari pencetakan, adonan dipotong-potong hingga seukuran butiran beras.
  5. Butiran beras analog yang keluar dari ekstruder kemudian masuk oven besar menggunakan sabuk berjalan. Proses pemanggangan dalam oven membutuhkan waktu 40–60 menit pada suhu 60–80°C. Pemanggangan untuk mengurangi kadar air hingga maksimal 12%. Pada kadar air itu, beras analog akan awet bertahan hingga 1 tahun.
  6. Selanjutnya, butiran beras didinginkan melalui sabuk berjalan yang dilengkapi kipas. Kemas beras analog ke dalam plastik kemasan.