Saturday, December 3, 2022

Faedah Ganda Jantung Pisang

Rekomendasi

Pemberian jantung pisang terbukti ilmiah menaikkan bobot dan menurunkan kadar kolesterol kambing.

Jantung pisang kepok dan hijau bisa digunakan sebagai campuran pakan kambing dan domba. (Dok. Trubus)

Trubus — Peternak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, lazim memanfaatkan jantung pisang sebagai pakan kambing. Alasannya bunga pisang itu melimpah dan kerap menjadi limbah. Harap mafhum Banyuwangi salah satu sentra pisang di Jawa Timur. Sebetulnya jantung pisang pun berisi beragam zat gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan kalsium. Bukan limbah tanpa faedah.

Jantung pisang melimpah dan menjadi limbah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hasil penelitian teranyar mengungkapkan jantung pisang meningkatkan bobot tubuh kambing. Selain itu bunga tanaman anggota famili Musaceae itu juga menurunkan kadar kolesterol daging kambing. Pemberian 50% konsentrat bekatul dan 50% tepung jantung pisang menambah bobot kambing hingga 2,95 ons per hari selama 14 hari. Perlakuan itu juga menurunkan kadar kolesterol 62,25 mg/dl.

Kolesterol turun

Selain kedua konsentrat itu, tim peneliti juga memberikan hijauan sebesar 10% dari bobot tubuh. Artinya jika bobot kambing 25 kg, jatah hijauan 2,5 kg per hari. Kambing juga menerima 12 cc probiotik selulolitik saban hari. Penambahan bobot 2,95 ons per hari hasil terbaik penelitian. Peningkatan bobot kambing yang mengonsumsi hijauan hanya 1,98 ons per hari.

Pemberian kombinasi pakan konsentrat bekatul dan tepung jantung pisang terbukti ilmiah menaikkan bobot serta menurunkan kadar kolesterol kambing dan domba. (Dok. Muhammad Thohawi Elziyad Purnama)

Sementara bobot kambing pemakan hijauan dan konsentrat bekatul bertambah 2,30 ons setiap hari. Jantung pisang menaikkan bobot kambing lantaran mengandung protein dan serat kasar. Keduanya komposisi nutrisi penting bagi ternak. Tiamin (vitamin B1) dalam jantung pisang juga meningkatkan fermentasi rumen dan membentuk keseimbangan nitrogen sehingga nafsu makan ternak terjaga. Serat, saponin, dan vitamin C dalam jantung pisang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Cacahan jantung pisang siap digiling menjadi tepung.

Saponin membentuk ikatan kompleks dan berikatan dengan asam empedu membentuk micelles. Peningkatan ikatan kompleks oleh serat mengakibatkan usus tidak dapat menyerap kolesterol. Vitamin C berfungsi mengikat lemak. Itu terjadi karena asam lemak dalam trigliserida atau fosfolipid dihidrolisis. Selanjutnya terjadi oksidasi asam lemak melalui jalur oksidasi beta asam lemak.

Reaksi oksidasi itu merupakan rangkaian reaksi asam lemak yang mengalami oksidasi atau dehidrogenasi menjadi kolesterol berdensitas rendah. Pembuatan tepung jantung pisang relatif mudah. Peternak mencacah jantung pisang dan meletakkannya di atas nampan secara merata. Selanjutnya peternak memasukkan cacahan jantung pisang ke dalam oven bersuhu 100°C selama 4 jam.

Cara lain jemur cacahan jantung pisang di bawah sinar matahari langsung selama 3—4 hari jika cuaca cerah atau hingga berkadar air 12%. Setelah itu peternak menggiling jantung pisang tercacah hingga menjadi tepung. Kemudian peternak memberikan 2 sendok teh garam untuk mengurangi sisa air dan getah dalam tepung jantung pisang. Sebaiknya pemberian konsentrat bekatul dan tepung jantung pisang sebelum pakan rumput. Pemberian pakan itu bisa 2 kali pada pagi dan sore masing-masing 125 g.

Melimpah jantung

Penggilingan jantung pisang tercacah.

Sektor peternakan Kabupaten Banyuwangi sangat maju dan berkembang. Berdasarkan data Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur pada 2015 terdapat sekitar 92.554 kambing di Kabupaten Banyuwangi. Pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan konsumsi masyarakat menyebabkan bertambahnya permintaan daging kambing. Melimpahnya jantung pisang berkah bagi peternak di Banyuwangi.

Selama ini peternak kerap kesulitan mendapatkan pakan hijauan ketika musim kemarau. Kondisi itu dipengaruhi oleh perubahan fungsi lahan dan iklim. Kendala itu terutama dialami peternak yang berdomisili di wilayah utara Banyuwangi. Dampaknya peternak hanya memberikan rumput dan daun-daun kering ketika musim kemarau.
Padahal, pakan itu berserat kasar tinggi seperti lignin yang sulit dicerna sehingga kualitas daging turun dan pertumbuhan kambing terganggu. Oleh karena itu, salah satu cara meningkatkan kualitas peternakan di Kabupaten Banyuwangi melalui peningkatan kualitas pakan. (drh. Muhammad Thohawi Elziyad Purnama, M.Si., dosen Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga)

Previous articleKecap Air Kelapa
Next articleUpaya Swasembada Kelapa
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img