Monday, August 8, 2022

Herbal Anyar Pelangsing, Afrodisiak, Kecantikan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Cantik dan langsing adalahgambaran perempuansempurna di abad ke-20
Cantik dan langsing adalah gambaran perempuan sempurna di abad ke-20

Selalu menjadi impian dari masa ke masa.

Lima puluh delapan tahun silam dari sebuah desa kecil di Bavaria, Jerman, Rolf Hausser mengukir sebuah karya yang hingga detik ini digambarkan sebagai sosok perempuan sempurna: cantik dan langsing. Karya Rolf yang 3 tahun sebelumnya muncul sebagai serial kartun Lili di suratkabar Bild Zeitung itu adalah boneka Barbie.

Boneka Barbie hanya personafikasi dari kondisi impian sebagian besar kaum hawa yang bertahan lebih dari separuh abad. Naomi Wolf penulis buku Beauty Myth menyebutkan perempuan cantik di abad ke-20 adalah perempuan bertubuh langsing dan berkulit bersih. Dr Richard Dunphy, dosen gender dan politik dari Universitas Dundee di Inggris menjelaskan di setiap zaman istilah cantik sebetulnya berbeda. Pada zaman Romawi, cantik identik dengan perempuan bertubuh gemuk. Namun, pada abad ke-15—17 perempuan yang memiliki perut dan panggul besar adalah gambaran cantik.

Bahan alami

Lidah buaya, salah satucontoh tanaman obat yangmeluas pemanfaatannyaseiring kemajuan teknologi
Lidah buaya, salah satu
contoh tanaman obat yang
meluas pemanfaatannya
seiring kemajuan teknologi

Beragam cara ditempuh untuk memperoleh kecantikan dan langsing. Salah satunya memanfaatkan tanaman obat. Menurut dr Dwi Ro Santi SpKK dari Rumah Sakit Royal Taruma di Jakarta Barat, penggunaan bahan alami untuk kedua maksud di atas sejak zaman dahulu sampai kini masih relevan. “Seiring kemajuan teknologi pengembangannya semakin meluas,” ujarnya. Contoh lidah buaya Aloe vera yang sebelumnya hanya sebatas untuk menjaga kesuburan rambut, kini meluas pemanfaatannya antara lain sebagai pelembap kulit.

Hal serupa terjadi pada daun tangguh Petiveria alliacea. Tanaman semak Amerika Selatan itu lebih populer khasiatnya antara lain sebagai antitumor, antivirus, dan menyembuhkan arthritis di habitat aslinya di Amerika Selatan. Namun bagi dr H Sukarto SpKP daun tangguh memiliki khasiat lain sebagai penghilang noktah cokelat kehitaman yang melebar menyerupai sosok kupu-kupu di wajah.

Mau langsing? Cobalah mengonsumsi kulit buah delima Punica granatum. Senyawa tanin di kulit buah delima mujarab mengurangi lemak di tubuh. Mekanisme penghilangan lemak dari kulit buah delima memang tidak secepat bila melakukan tindakan medis, misalkan sedot lemak. Namun, penurunan yang bertahap bersifat ajek begitu tubuh mencapai berat badan ideal. “Pemakaian herbal juga lebih alami dan aman,” kata Lina Mardiana, herbalis di DI Yogyakarta.

Kabar gembira lain, terutama bagi kaum Adam adalah manfaat kulit batang akway Drymis sp. Tanaman yang tumbuh di Pegunungan Arfak di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, itu secara turun-temurun dimanfaatkan penduduk setempat sebagai afrodisiak alias pembangkit gairah. Adalah

Dr drh Umi Cahyaningsih DVM MS, dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor yang membuka tabir akway itu secara riset ilmiah. Penelitian itu menyimpulkan akway yang bisa mendongkrak hormon testosteron dapat disejajarkan dengan pasakbumi, sebagai afrodisiak yang terlebih dahulu terkenal. (Dian Adijaya S)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img