Saturday, April 13, 2024

Herbal Asma dari Daun Sembung

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Daun sembung berpotensi sebagai herbal asma. Asma merupakan kondisi inflamasi atau peradangan saluran napas. Penyebabnya karena reakasi hipersensitivitas terhadap alergen. Alergen itu bisa berupa debu, obat-obatan, asap, makanan atau alergen lain.

Contoh lain tipe hipersensitivitas yang mengakibatkan peradangan semacam ini adalah alergi kulit terhadap alergen tertentu. Reaksi hipersensitivitas itu pada saluran napas menimbulkan produksi lendir berlebih mulai muncul.

Asma dapat disebabkan oleh benda asing seperti debu, serangga, atau antibiotik yang masuk ke dalam tubuh memicu bronkus mengeluarkan histamin sebagai mekanisme perlawanan. Histamin inilah zat yang melebarkan pembuluh darah, menyebabkan alergi, kemerahan, bengkak, dan sesak napas.

Untuk mengatasi histamin, pasien asma biasanya mengonsumsi bronkodilator yang umumnya berbahan aktif aminofilin. Namun, pemakaian zat itu mempengaruhi kinerja otot polos dan sistem saraf tepi. Dampaknya tekanan darah turun dan jantung berdebar-debar.

Daun sembung Blumea balsamifera lazim dimanfaatkan oleh perempuan usai melahirkan untuk membersihkan darah nifas. Pemanfaatan lain untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung. Nama sembung diambil dari gangguan perut kembung.

Kayunya dimanfaatkan bahan industri korekapi. Ekstrak daun sembung berefek bronkodilasi atau melegakan bronkus karena kandungan alkaloidnya. Ia juga dapat menurunkan kepekatan dan melancarkan peredaran darah karena zat camphor di dalam daun. Sembung dimanfaatkan masyarakat sebagai pelega pernapasan.

Bukti ilmiah sebanyak 35 marmut yang peka histamin dibagi dalam 7 kelompok. Kelompok I—VI masing-masing disemprot 2,6 mg histamin per kg bobot tubuh sehingga mengidap asma. Setengah jam kemudian, frekuensi pernapasan kelompok I—VI meningkat menjadi 4,7 Hz; sebelumnya, 2 Hz.

Satu hertz sama dengan satu getaran per detik. Karena tak disemprot histamin, frekuensi pernapasan marmut kelompok VII tetap, 2 Hz. Hasil yang sama diperoleh ketika memanfaatkan 621,7 mg ekstrak sembung setara dengan obat antiasma yang beredar di pasaran itu.

Asma Kontra Daun Sembung

Bahan: Daun sembung 7 lembar

Cara olah: Daun sembung dikeringanginkan. Ambil 7 lembar untuk direbus dalam 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sekali minum.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img