Saturday, April 13, 2024

Kiat Mencangkok Pepaya: Hasilkan Tanaman 100% Hermafrodit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pepaya hermafrodit memilik bentuk buah lebih seragam dan tersusun rapat di tanaman, sehingga mudah ketika penyemprotan. Buah hermafrodit pun lebih mudah ditangani ketika panen. Upaya menghasilkan pepaya 100% hermafrodit itu dengan jalan mencangkok pepaya.

Mencangkok pepaya? Ya, mencangkok pepaya sebetulnya bukan teknik baru. Namun, belum ada yang menggunakan metode itu dalam skala luas. Harap mafhum, mencangkok pepaya membutuhkan tahapan kerja ekstra sehingga tampak rumit dan menghendaki biaya.

Pekebun harus membeli perlengkapan cangkok, seperti media tanam serbuk sabut kelapa, dan air kapur. Hal itu sepadan dengan keuntungan yang akan diraih. Pekebun akan memanen buah yang 100% berasal dari pohon hermafrodit atau kelamin ganda.

Selain itu, petani pun tidak perlu melakukan sortir buah sesuai jenis kelamin lagi. Biaya tambahan mencangkok pepaya cukup ekonomis. Harga satu karung serbuk sabut kelapa atau cocopeat Rp20.000 cukup untuk 200 cangkokan.

Satu tanaman pepaya merah delima menghasilkan 80 buah per tahun. Bobot minimal 1,2 kg per buah.Tanaman layak cangkok harus memiliki produktivitas tinggi, stabil, dan bentuk buah seragam. Pekebun idealnya mencangkok maksimal 3 cabang di sebuah tanaman produksi.

Performa tanaman untuk menghasilkan buah tidak akan menurun jika petani menjaga kebutuhan pupuk dan air tanaman. Petani mendapat bibit dari tanaman yang terjamin hermafrodit. Artinya pada periode tanam berikutnya ada jaminan buah yang dihasilkan semuanya hermafrodit.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img