Tuesday, April 16, 2024

Cara Lengkap Bikin Gula Cair Singkong

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Selama ini gula cair banyak digunakan oleh industri pangan dan farmasi. Gula cair sebagai substitusi sukrosa dalam pembuatan es krim, sirup, pemanis makanan dan minuman, serta obat-obatan.

Menurut Dr. Nur Richana, periset di BSIP Pascapanen Pertanian, pemanis alternatif yang berpotensi adalah gula cair asal singkong, pati lebih sehat ketimbang pemanis sintetis. Untuk memproduksi gula cair, produsen dapat memanfaatkan tapioka alias tepung singkong.

Dari sekilo singkong menghasilkan 250—300 g pati. Menurut Richana gula cair dari tapioka dibuat dengan teknologi enzimatis. Prosesnya terdiri atas dua tahap: likuifikasi dan sakarifikasi yang melibatkan enzim.

Likuifikasi merupakan pemecahan pati menjadi dekstrin dengan bantuan enzim alfa-amilase. Sedangkan sakarifikasi berupa penguraian dekstrin menjadi glukosa dengan enzim amiloglukosidase.

Menurut Ade Iskandar, produsen olahan singkong di Bogor, Jawa Barat, prospek gula cair sangat bagus. Sebab, kebutuhan industri sangat tinggi dan selama ini masih harus mengimpor.

Gula Cair Singkong

  1. Larutkan tepung tapioka dalam air dengan perbandingan 1 : 3.
  2. Panaskan pada suhu 95—105oC dan tambahkan 0,8 ml enzim alfa-amilase per kg pati sembari diaduk rata.
  3. Setelah 60 menit pemanasan, dinginkan larutan hingga bersuhu 60oC. Untuk memastikan pati telah terdegradasi menjadi dekstrin dilakukan uji iod dengan meneteskan iodium pada sampel bahan. Bila iod berwarna cokelat berarti semua pati sudah terdegradasi menjadi dekstrin. Kemudian tambahkan 0,8 ml enzim amiloglukosidase per kg pati. Diamkan larutan selama 76 jam hingga menjadi cairan gula.
  4. Tambahkan 0,5—1% arang aktif per kg pati ke dalam gula cair untuk mengikat, menggumpalkan, dan mengendapkan pati, serta menghentikan aktivitas enzim. Saring larutan untuk memisahkan gula cair dari karbon aktif dan kotoran sehingga tingkat kejernihan gula 93%. Bila belum tercapai, ulangi kembali pemucatan dan penyaringan.
  5. Alirkan gula cair melalui tabung berisi penukar ion untuk mengikat dan memisahkan ion-ion logam dan kotoran dalam gula cair. Tabung penukar ion terdiri atas 3 tabung masing-masing berisi resin kation, kation, dan campuran anion dan kation.
  6. Evaporasikan gula ke dalam evaporator untuk meningkatkan kadar kemurnian gula. Proses evaporasi berlangsung pada suhu 50—60o C. Sekarang pemanis asal singkong itu pun siap pakai.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kiat Mengubah Kediaman Pribadi Menjadi Rumah Walet Produktif

Trubus.id— Memodifikasi rumah tinggal menjadi rumah walet sangat memungkinkan. Hal terpenting yang mesti diperhatikan yakni lokasi itu merupakan habitat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img