Thursday, August 18, 2022

Hidroponik Makin Asik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Fadly Padi, membaca Trubus sejak 1980-an, berkebun secara akuaponik sejak 4 tahun silamKursi berwarna hijau itu sungguh antik. Bentuknya seperti kursi malas, tetapi dilengkapi pengeras suara, lampu baca, dan kipas angin. Di sisi kanan ada tangan kursi tempat meletakkan gelas seperti pada kursi periksa dokter gigi. Sudibyo Karsono, si empunya kursi, kerap menghabiskan waktu membaca koran di atas kursi itu. Koran cukup diletakkan di sebuah papan yang melintang di depan seperti pada kursi di ruang kuliah, tak perlu dipegang.

Jika sinar matahari mulai temaram, ia menyalakan lampu. Bila ia memencet tombol di kursi lagu pun mengalun dari pengeras suara. Jika memencet tombol lain, air mengalir ke dalam gelas, siap diminum. Tombol lain lagi menghidupkan kipas angin yang mengusir udara panas.

Dibyo Karsono merancang sendiri kursi baca multifasilitas itu. Harap mahfum bidang eletronik hobinya sejak kecil. Berbekal kemampuan elektronik itu pula Dibyo mengembangkan aneka perangkat bertanam sayuran secara hidroponik yang terotomatisasi. Banyak rancangannya cocok dipakai oleh para pehobi untuk berkebun di halaman rumah. Di kebunnya, Parung Farm, Dibyo memproduksi massal sayuran hidroponik, tentu dengan tetap memanfaatkan prinsip elektronik.

Pembaca terhormat, berkebun secara hidroponik belakangan ini marak kembali—teknik ini pernah tren pada awal 1990-an. Itu terlihat dari menjamurnya berbagai komunitas yang rajin kopi darat berbagi ilmu. Para pehobi muncul di berbagai daerah. Salah satunya vokalis grup band Padi, Fadly, yang beraquaponik sejak 4 tahun lalu. Kebun-kebun produksi sayuran hasil budidaya tanpa media tanah itu juga bergeliat. Tulisan tentang asiknya menggeluti hobi dan bisnis hidroponik itu kami sajikan sebagai topik utama edisi ini.

Kami mengiringi topik itu dengan pelatihan hidroponik yang diselenggarakan pada 21 Desember 2013. Pelatihan lain yakni Meraup Untung dari Ayam Kampung Petelur dan Pedaging (14 Desember 2013), Kiat Buat Pakan Ikan Bermutu (14 Desember 2013), dan Teknik Olah Pakan Unggas (21 Desember 2013).  Buat Anda yang berminat silakan menghubungi Suci di nomor telepon 021-8729060, 87701748, HP 081316034009, PIN BB 28B9ADA4. Selamat bergabung. ***

 

Salam,

 

Evy Syariefa

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img