Monday, August 8, 2022

Hidup Nyaman dalam Terarium

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Baskom

Terarium tak melulu harus berbentuk kotak kaca. Baskom, misalnya, dapat dipakai tanpa mengurangi kenyamanan. Untuk memelihara diamond back terrapins Malaclemys terrapin, Budi menyediakan baskom kaca berdiameter 30 cm dengan tinggi 10 cm. Kura-kura air asal Texas, Amerika Serikat, itu bahkan suka berjemur di atas jembatan yang diletakkan pria lajang berusia 31 tahun itu di dalamnya.

Supaya air tak perlu diganti setiap saat, ia meletakkan pompa sekaligus filter seukuran 2 kotak korek api. Posisinya tepat di bawah jembatan. Filter diberi kapas dan arang aktif sebagai penyaring. Filter perlu dibersihkan 3 hari sekali, sedangkan air diganti setiap minggu. ‘Pasir kuarsa bisa dipakai di dasar baskom untuk membantu filterisasi,’ kata hobiis reptil sejak 1997 itu. Bahan itu efektif menjerat amonia dari sisa-sisa pakan dan kotoran.

Usai mengganti air, Budi tak pernah alpa menaburkan segenggam garam ikan. Gunanya, menggantikan mineral yang dilepaskan kura-kura saat stres selama proses pergantian air. Manfaat lain, memberangus parasit yang bercokol di tubuh kura-kura. ‘Garam kasar tanpa yodium dari pasar tradisional dapat dipakai sebagai pengganti,’ ujarnya.

Penambahan ornamen memang membuat terarium lebih semarak. Contohnya pasir. Karena kura-kura suka berjalan di dasar, pasir dapat menjadi tempat pijakan yang mantap. Namun, tidak semua pasir dapat dipakai. Kecuali pasir silika, pasir lainnya seperti pasir bali dan pasir malang perlu dihindari karena keduanya mengacaukan pH sehingga air jadi lebih asam.

Batu juga dapat dipakai sebagai pemanis. ‘Untuk batu, saya memakai batu timor dari Nusa Tenggara Timur karena tampak eksotis,’ kata Rocky. Bungsu dari 5 bersaudara itu bahkan menambah tanaman plastik untuk menciptakan suasana alami di terarium. Kini baik Rocky maupun Budi Dewanto benar-benar sudah terjerat keindahan terarium kura-kura. (A. Arie Raharjo/Peliput: Kiki Rizkika)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img