Saturday, April 20, 2024

Inovasi Budidaya Udang Vannamei Semula di Air Asin Kini Beralih Ke Air Tawar

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Lazimnya tambak udang kaki putih alias vannamei berlokasi 50—100 meter dari pantai. Musababnya vannamei menghendaki air bersalinitas tinggi 29—30 ppt. Sebaliknya Cipto Husodo berhasil beternak vannamei air tawar di air bersalinitas hanya 3 ppt.

Itu bukti budidaya satwa air yang kali pertama diidentifikasi ahli zoologi invertebrata asal Amerika Serikat, Pearl Lee Boone, itu pada salinitas rendah di Lamongan berkembang.

Omzet petambak di Desa Tunjungmekar, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, itu Rp11,2 juta. Cipto mengatakan, ongkos produksi Rp5,8 juta sehingga laba bersih Rp5,4 juta.

Cipto mengandalkan benur atau benih udang yang adaptif pada salinitas rendah. Jadi begitu benur datang, petambak itu langsung menebarkan di kolam air tawar. Ia tidak perlu mengadaptasikan benur sebelum menebar di kolam.

Kebetulan usaha pengadaptasian benur udang berkembang di Lamongan. Pemilik hatchery skala rumah tangga lazimnya menurunkan kadar salinitas hingga mencapai 0—1 ppt secara bertahap setiap hari. Sehingga ia tinggal mempertahankan salinitas air 3 ppt selama budidaya 2 bulan dan suhu terjaga 26°C.

Cipto rutin memeriksa salinitas setiap hari. Jika kadar salinitas kurang dari 3 ppt ia memasukkan air sumur bor ke dalam kolam hingga salinitas yang dinginkan tercapai. Sumur bor milik Cipto bersalinitas 8 ppt.

Tingkat pH air yang berkisar 7,5 juga menjadi perhatian petambak itu. Ia lazim mengontrol pH rutin sejak 1 bulan pascatebar. Jika pH terlampau tinggi, Cipto mengganti air baru. Jika pH rendah ia menambahkan kapur ke kolam.

Cipto juga mengandalkan probiotik padat dan cair bikinan sendiri sebagai kontrol biologis. Pemberian probiotik padat sebelum menebar benur, sedangkan probiotik cair setiap pekan.

Ia tertarik memelihara vannamei karena masa budidaya relatif singkat yakni dua bulan dan tidak memerlukan kolam luas. Harga benih murah sekitar Rp24 per ekor dan harga jual relatif tinggi alasan lain Cipto beternak vannamei. Sejak 2010 hingga kini ia mengandalkan kolam vannamei tawar sebagai sumber utama penghasilan keluarga.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Resep Khusus Atasi Wereng pada Tanaman Padi

Trubus.id—Serangan wereng berulah, petani terancam gagal panen. Serangga itu hidup dengan mengisap cairan padi sehingga tanaman mengering dan mati....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img