Sunday, August 14, 2022

Jakarta Agro Expo 2011 Penganan Berbahan Ubijalar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Waktu menunjukkan pukul 10.00 pagi. Tenda seluas 200 m2 itu dipenuhi oleh meja-meja berisi aneka olahan yang menggugah selera. Itulah hasil karya para peserta lomba Apresiasi Diversifikasi Olahan Pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

Lomba yang berlangsung pada 6-7 Juni 2011 itu diikuti oleh 46 kelompok peserta kategori KWT, PKK, catering dan umum. Ipih Ruyani, kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta membuka acara lomba itu. ‘Acara ini ditujukan untuk menggali dan meningkatkan kreativitas masyarakat, serta memperkenalkan ubijalar sebagai bahan baku nonberas dalam rangka diversifikasi pangan,’ kata Ipih.

Empat kategori

Harapan Ipih untuk menggali potensi ubijalar terwujud. Dengan kreativitas peserta yang cukup tinggi, tersaji puluhan jenis penganan berbahan ubijalar. Sebut saja skutel ubi, puding ubi, kue mangkuk ubi, wedang ronde ubi, rolade ubi, dan salad ubi. Selain enak dipandang, penganan itu juga bercitarasa lezat. ‘Hampir tidak percaya skutel ini berbahan ubijalar,’ kata Zuraidah, salah seorang pengunjung.

Kesan itu pula yang menancap pada benak juri. ‘Semuanya enak,’ ungkap Wahyu Wikawati salah satu juri. Pantaslah penjurian berlangsung alot hingga memakan waktu 2 jam. Namun, dengan kejelian 3 juri-Wahyu Wikawati dari dari Yayasan Persatuan Pensiunan Pegawai Pertanian, Ninik dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia DKI Jakarta, dan Jeanny Husni dari PKK DKI Jakarta,-menilai berbagai aspek, juara lomba di 4 kategori berhasil ditentukan.

Selama proses penjurian, demo masak berbahan dasar ubi juga dilakukan Deddy Rustandi. Dari atas panggung, dengan gayanya yang luwes Deddy Rustandi menjelaskan keutamaan ubi sambil memasak 3 menu: sup krim ubi, mi ubi, dan bola-bola ubi. Beberapa pesarta diajak naik ke atas panggung agar ikut terlibat dalam proses pembuatan menu dari ubi itu. Selesai olahan ubi dimasak, peserta pun antusias naik ke panggung untuk mencicipi masakan Deddy yang ehm…maknyus. (Pranawita Karina)

 

Kategori

Peserta/Asal

Juara

Nilai

PKK

 

Ika Argi Asti/Jakarta Barat

I

246,25

Sri Mulyanti/Jakarta Barat

II

242,25

Hendriyanah/Kepulauan Seribu

III

231,75

Catering

 

Rici Eka S/Nur Maya Sari Catering

I

168

Uwi/Vyna’s Jaya catering

II

167,25

Yayuk/Mira Catering

III

164,5

TKW

Titik Setyowati/Jakarta Pusat

I

394,8

Sutiek/Jakarta Selatan

II

226,3

Hj Marlia/Jakarta Selatan

III

214,55

Umum

 

Dewayani/Menteng

I

80,1

Inne Septiani P/Jakarta Selatan

II

77,7

Hepi Handayani/Jakarta Selatan

III

75,8

Previous articleWartawan
Next articleBADAK BINGKUANG
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img