Monday, August 15, 2022

Jalan Panjang Kintamani

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Setelah melakukan pengamatan lapangan dengan membandingkan kintamani dari tiap kennel, Perkin menyusun standarisasi kintamani yang terbagi dalam ciri umum, sifat umum, bentuk kepala, distribusi bulu, dan tinggi, serta bentuk tubuh. Kintamani termasuk anjing pekerja-working dog-berukuran sedang. Ia memiliki keseimbangan dan proporsi tubuh baik ditopang tulang dan otot perkasa. Anjing pegunungan itu memiliki bulu panjang (moderat) yang terbagi dalam 3 warna: putih, hitam, dan cokelat. ‘Namun, yang dikatakan kintamani adalah yang berbulu putih dan masuk dalam grup V,’ ujar drh Pudji Rahardjo, MS.

Sayang, keberadaan kintamani belum diakui oleh Federation Cynologique Internationale (FCI). Untuk mendapatkan pengakuan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. ‘FCI mensyaratkan ada 1.000 kintamani berstambum tersebar di Indonesia,’ ujar drh Agus T Wardhana. Selain itu, terdapat minimal 10 pembiak yang tergabung dalam Perkin dan telah melakukan pembiakan sampai generasi kedelapan.

Kini syarat yang kedua dipermudah. Menurut dosen radiologi Kedokteran Hewan di Universitas Udayana, Bali itu, pembiak cukup memeriksakan DNA kintamani. Hasilnya dipetakan bersama dengan hasil dari pembiak lain. Saat hasil yang diperoleh seragam secara genotip dan fenotip, pertanda kintamani merupakan ras murni yang dapat diakui keberadaannya. Namun, ‘Untuk mencapai itu butuh dana hingga miliaran rupiah,’ kata Pudji. Itu membuat jalan kintamani menuju pengakuan internasional masih panjang. (Lastioro Anmi Tambunan)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img