Friday, May 24, 2024

Jenis Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Belakangan ini, merawat kulit menjadi sebuah keharusan. Apalagi, di tengah aktivitas yang serba cepat dan padat. Hal itu rentan membuat kulit menjadi kusam dan tidak sehat. Mengingat perawatan kulit penting, tidak sedikit peneliti turut meriset berbagai komoditas buah dan sayuran yang berpotensi sebagai sarana pendukung perawatan kulit. Berikut ini jenis buah untuk kesehatan kulit.

Jeruk bali

Sari jeruk bali mampu mempertahankan kelembapan kulit. Itu lantaran kandungan gula dalam jeruk bali mampu mengikat air di udara sehingga dapat mengurangi penguapan air di kulit. Itu sebabnya Ervina Syahfitri Lubis, Lely Sari Lubis, dan Julia Reveny dari Departemen Teknologi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara, Medan, membuat krim pelembap berbahan sari buah jeruk bali.

Mereka mengeringkan sari buah jeruk bali dengan teknik freeze dryer, kemudian membuatnya menjadi krim. Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Pharmaceutics and Pharmacology 2012 itu menyebut sediaan krim yang mempunyai pH 6,2–6,8 terbukti tidak mengiritasi ataupun menyebabkan kulit kasar.

Semakin tinggi konsentrasi sari buah, semakin besar kemampuan mengurangi penguapan air dari kulit.

Jagung

Jagung menjaga kelembapan kulit tangan dan badan. Itulah hasil penelitian Dahlia Nurhasanah Siregar dan Athaillah dari Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurliana, Medan, Sumatra Utara.

Dahlia dan Athaillah mengombinasikan 1,5% ekstrak kental jagung dan formula dasar krim (2,8 asam stearat, 2 g gliserin, 0,04 g natrium biborat, 0,2 g trietanolamin, 0,03 g natrium metabisulfit, 0,02 g nipagin, 0,02 g nipasol, dan 19,89 g akuades).

Hasil penelitian menunjukkan formula itu tidak menyebabkan iritasi pada kulit manusia. Selain itu, ramuan krim itu juga lebih melembutkan kulit kelinci yang kering dibanding sediaan krim dasar saja. Alasannya, jagung mengandung glukosa seramida yang berperan menjaga kandungan air dan menjadi agen antipenuaan kulit.

Anggur

Terpaan sinar ultraviolet menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, bahkan kanker. Sinar ultraviolet mengaktifkan reactive oxygen species (ROS) pemicu kematian sel. Konsumsi anggur dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Peneliti di Universitas Barcelona dan Badan Riset Nasional Spanyol membuktikan anggur mengurangi jumlah kerusakan sel yang disebabkan radiasi matahari. Zat polifenol yang diekstrak dari buah anggur dapat mengurangi pembentukan ROS pada sel-sel epidermis yang terkena radiasi ultraviolet.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img