Sunday, November 27, 2022

Jual Suara

Rekomendasi

Seleksi belibis juga dilakukan berdasarkan kualitas suara untuk burung master atau burung pemikatMasyarakat kerap memelesetkan belibis sebagai burung terkaya, karena mampu beli bis. Dua tahun lalu seekor belibis di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, laku terjual Rp5-juta sebagai burung master. Sayang, pembelinya yang merupakan orang terkaya di Tanah Banua tak mau disebutkan namanya.

 

Menurut Rudi Pelung, praktikus burung kicauan di Jakarta Timur, belibis memang termasuk unggas yang dapat dijadikan master. Maksudnya, suara belibis dapat ditirukan oleh burung kicauan lain—seperti murai dan anis merah—untuk kontes atau sekadar penghibur bagi pemiliknya. Namun, saat ini di pasar burung jarang ditemukan belibis dengan suara berkualitas sehingga suaranya sebagai master masih langka.

Menurut Faturahim, peternak belibis di Amuntai, Kalimantan Selatan, persentase burung belibis untuk master memang kecil. Dari 50-an ekor belibis paling hanya 1—2 ekor yang memiliki siulan nyaring dan indah. Selain sebagai master para pemburu belibis sudah melakukan seleksi suara untuk keperluan lain. Belibis yang bersuara nyaring biasanya dipakai sebagai burung pemikat untuk menangkap belibis lain. (Ridha YK, kontributor Trubus Kalimantan Selatan)

Previous articleSenyaman di alam
Next articleTRAGIS NASIB BELIBIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img