Friday, December 2, 2022

Kampiun di Barat dan Timur

Rekomendasi

Giant bebas terang junior milik Rudy Setyawan keturunan jawaraUsai meraih gelar grand champion, cupang giant itu terjual Rp8,6-juta.

Juara serama betinaTim juri terbagi menjadi 3 kelompok untuk menilai peserta yang membeludakWarna hitam solid modal meraih grand champion maskokiCupang koleksi Rudy Setyawan itu bagai penari yang mengembangkan selendang. Ia memamerkan kemolekannya: ekor mengembang dan aktif berenang menyusuri akuarium. Keindahannya kian sempurna karena tubuh proporsional dan bermental kuat. Pantas para juri mengganjar cupang giant itu dengan gelar bergengsi pada kontes di kantor Walikota Jakarta Barat pada 26 Mei 2012.

“Ia memenuhi syarat menjadi juara. Penampilannya sempurna,” ujar Hermansyah, juri asal Kotabambu, Kecamatan Palmerah, Kotamadya Jakarta Barat. Rudy memang habis-habisan mempersiapkan jagoannya. Ia mengganti air pada pagi dan sore untuk menjaga kualitas air. Mutu air mempengaruhi kualitas ikan.

Padahal, hobiis lain pada umumnya mengganti air sekali sehari. Selain air, Rudy juga memperhatikan pakan. Ia memberikan cacing darah yang kaya protein pada pagi dan sore. Tidak aneh ikan berukuran 5,5 cm itu mampu tampil prima hingga sore hari. Usai kontes, panitia menggelar lelang cupang. Koleksi Rudy yang baru saja menjadi jawara itu terjual Rp8,6-juta.

Voting

Adapun grand champion kategori crowntail alias serit jatuh pada cupang koleksi Aphin Harry. Untuk menentukan jawara itu, ketiga juri senior-Edi Sudrajat, M. Kamil, dan Hermansyah-melakukan pemungutan suara. Sebab, terjadi hasil imbang antara juara kelas kombinasi dan pemenang kelas bebas. Hasil pemungutan suara, juara kombinasi memperoleh 2 suara, sedangkan pesaing terdekatnya hanya 1 suara. “Penampilan warna kombinasi rapi,” kata Arief SL, juri asal Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Kontes cupang hias itu berlangsung semarak. “Peserta membeludak hingga 1.000 ikan, tapi akuarium terbatas sehingga kami hanya menerima 742 peserta,” ungkap Edi Sudrajat, ketua panitia. Pehobi yang koleksi ikannya banyak merebut jawara adalah Hendry Sutrisno. Tercatat 11 cupang dari total 177 ekor koleksi Hendry Sutrisno merebut jawara dengan nilai total 307.

Sepekan sebelumnya, pada 20 Mei 2012 juga berlangsung kontes cupang di Kampung Main Cipulir, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. Kontes itu merupakan putaran kelima Liga Cupang Hias Regional Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. “Kontes ini memperebutkan juara liga yang akan diumumkan pada akhir tahun,” kata Enggan Priguna Sidarta, ketua panitia.

Sebanyak 323 peserta bertarung di 48 kelas. Pada kategori serit, cupang milik Hendry Sutrisno sukses meraih gelar grand chamion. “Penampilannya sempurna dengan ukuran proporsional, bukaan rapi, dan warna tegas,” ujar Edi Sudrajat, salah satu juri.

Pada waktu bersamaan, adu elok ikan maskoki berlangsung di Tempat Promosi Hasil Perikanan (TPHP), Cengkareng, Jakarta Barat. Sebanyak 120 peserta dari berbagai kota turun berlaga. Para juri-Ir Fatono Wiredja dan Adi Wiryadi-menobatkan oranda senior milik Herman Hadiwijaya sebagai grand champion. “Tubuh ikan itu proporsional dengan warna hitam solid dan aktif bergerak,” ujar Fatono, juri asal Bogor.

Serama

Selain kontes cupang dan maskoki, ada pula kontes serama di Pakuwon City, Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lebih dari 250 serama berlaga dalam perhelatan bertajuk Kontes Nasional Ayam Serama itu. Armageddon, serama milik Fadjar Subagyo memikat para juri asal Paguyuban Juri Serama Independen Nasional (Parimas). “Performa Armageddon prima. Ia tampil sempurna tanpa terpengaruh sorak-sorai penonton,” ucap Ferry Chusnul, salah seorang juri. Armageddon pun menyabet tropi best of the best (BOB). (Riefza Vebriansyah/Peliput: Bondan Setyawan)

 

Keterangan Foto :

  1. Warna hitam solid modal meraih grand champion maskoki
  2. Giant bebas terang junior milik Rudy Setyawan keturunan jawara
  3. Juara serama betina
  4. Tim juri terbagi menjadi 3 kelompok untuk menilai peserta yang membeludak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Balitbangtan Menjajaki Kolaborasi dengan Turki atas Keberhasilannya Sertifikasi Varietas

Trubus.id — Balitbangtan yang telah bertransformasi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) mulai memperkuat jejaring internasional salah satunya dengan kunjungan ke...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img