Saturday, August 13, 2022

Karena Pace Kanker Serviks Tumbang

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Kanker serviks merupakan jawaban atas serangkaian gejala perut kram dan tak nyaman hendak muntah. Tak hanya itu, flek hitam muncul jika ia merasa keletihan. Eva pun kerap merasakan sakit akibat perdarahan ketika berhubungan intim.

Untuk menghilangkan sel kanker, dokter menyarankan Eva kemoterapi 20 kali selama 2-3 bulan. Jika tak berhasil, penyinaran menjadi harapan terakhir. ‘Saat itu dokter bilang jangan harap punya anak. Bisa hidup pun sudah karunia Tuhan,’ ungkap ibu 2 anak itu. Pilihan itu tak diambil Eva. Mafhum ketika mendengar kata kemoterapi, yang terbayang adalah Siska. Kakak iparnya itu menderita kanker nasofaring. Setelah menjalani kemoterapi rambutnya rontok, badan lunglai, serta tak bisa mencecap akibat indera perasa menghilang.

Jus mengkudu

Kondisi Eva makin parah. Kesemutan dan sesak napas kerap menyatroni. Punggung pun terasa sakit dan hambatan berkemih mulai menghiasi hari-harinya. Pertengahan Desember 2008, ia memeriksakan diri ke rumahsakit. Hasil pemeriksaan menunjukkan kanker telah menjalar ke pangkal paha: stadium III akhir.

Akibat vonis itu Eva takut tidur, ‘Saya takut tak bisa bangun lagi keesokan harinya,’ ungkap perempuan kelahiran 1977 itu. Tak heran kondisi Eva melorot drastis. David, suami Eva, tak mau berpangku tangan. Ia menyambangi banyak herbalis untuk kesembuhan Eva. Namun, meski mengonsumsi berbagai ramuan herbal selama 3 bulan, hasilnya nihil.

Secercah titik terang muncul ketika ayah mertua Eva, Hengky, menyarankan konsumsi jus mengkudu. Eva pun mulai mengkonsumsi 1 liter jus mengkudu tiap hari. Dosisnya tiap 1 jam 4 seloki berukuran 30 ml. Wangi mengkudu yang tak sedap sempat mengurungkan niat Eva. Ia mengatasinya dengan menutup hidung dan meminum air putih sebanyak 1 liter. Dampak dari konsumsi jus mengkudu, ‘Maunya tidur terus,’ kata Eva.

Sembilan hari pascakonsumsi alat vital Eva terasa perih dan mulai mengeluarkan flek hitam dan bau tak sedap. ‘Rasanya seperti luka yang diberi jeruk nipis,’ tutur perempuan kelahiran Jakarta itu. Mulai hari ke-11 dosis konsumsi dikurangi hanya setengahnya, 500 ml per hari. Hari ke-18 flek hitam yang keluar disertai darah. Badan lemas dan kepala terasa berat. Menginjak hari ke-28 darah yang keluar makin banyak. ‘Mungkin saat itu ada 1/4-1/2 liter darah yang keluar,’ ungkap Eva. Hari-hari selanjutnya flek yang keluar mulai berkurang.

Pada Mei 2009, setelah menghabiskan 60 liter jus mengkudu, kondisi tubuh Eva makin membaik dan terasa fit. Merasa senang dengan perkembangan yang terjadi, pada 10 Juni 2009 ia pun memeriksakan diri ke sebuah rumahsakit di Jakarta. Sepekan pascapemeriksaan sebuah kabar gembira terbetik: hasil biopsi sel-sel abnormal dari tubuh Eva telah enyah. ‘Dokter menyatakan daerah serviks dan kandungan dalam kondisi baik dan sempurna,’ tutur Eva.

Infeksi HPV

Serviks atau leher rahim adalah bagian rahim yang terletak di bagian bawah vagina. Di Indonesia setiap hari ada penambahan 40-45 perempuan mengidap kanker serviks. Dan setiap satu jam pula, seorang perempuan Indonesia meregang nyawa akibat pembunuh nomor wahid itu. Dengan penambahan penderita 15.000 orang per tahun, menurut data WHO, organisasi kesehatan dunia, Indonesia menduduki rangking pemuncak jumlah penderita kanker serviks di dunia.

Kanker serviks sulit dideteksi hingga penyakit mencapai stadium lanjut. Pada tahap itu terjadi pertumbuhan abnormal sel-sel pada leher rahim. Penyebab kanker serviks 95% diakibatkan oleh infeksi HPV Human Papiloma Virus. Penularannya bisa lewat hubungan seksual maupun sentuhan kulit. Para perempuan perokok berpeluang besar mengidap kanker serviks. Menurut dr Henry Naland SpBOnk, onkogen atau gen pembawa kanker di kromosom sel sebetulnya hampir dipunyai semua manusia. Dengan bantuan zat penyebab kanker alias karsinogenik, sel normal bisa berubah menjadi ganas. ‘Kekebalan tubuh yang prima bisa menghambat timbulnya kanker, ‘ tutur Henry.

Damnachantal

Bagaimana pace ampuh menggempur kanker serviks? Dalam mengkudu terkandung triterpenoid serta senyawa aktif golongan alkaloid berupa xeronine dan proxeronine. Fungsi proxeronine meningkatkan kadar xeronin sebagai penormal protein sel abnormal dalam tubuh. Senyawa triterpenoid bekerja menghambat kinerja enzim DNA topoisomerasi yang berperan dalam proses replikasi dan proliferasi alias penyebaran sel kanker.

Sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Kazuo Umezawa dari Universitas Keio dan Institut Ilmu Pengetahuan Medis Jepang menemukan senyawa damnachantal dalam mengkudu yang bersifat antikanker. Senyawa ini selain mengubah fungsi sel abnormal menjadi normal, juga menurunkan multiplikasi alias penggandaan sel pada level gen.

Selain itu mengkudu bersifat angiogenesis alias menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker. Akibatnya sel kanker mati karena tak mendapat pasokan nutrisi. Hal itu sejalan dengan Prof Dr Elin Yulinah Sukandar, guru besar farmokologi Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung yang menyatakan ekstrak etanol mengkudu potensial melawan kanker akibat radikal bebas. Itulah yang membuat irama kehidupan Eva Agustine kembali bersemi. (Faiz Yajri)

Jus mengkudu kaya kandungan senyawa triterpenoid, xeronine, proxeronine, dan damnachantal gempur sel kanker yang membandel

Eva Agustine Mariana dan Oswald rajut kembali masa depan berkat pace

 

 

Foto-foto: Faiz Yajri

Prof Dr Elin Yulinah ekstrak etanol mengkudu ampuh tumpas kanker akibat radikal bebas

Ilustrasi: Muhammad Awaluddin

Uterus

Parametrium terserang kanker

Serviks

Sel kanker

Pendarahan di vagina

Vagina

Vagina normal

Stadium 1 awal

Stadium 1 akhir

Stadium 2

Serviks

Sel kanker

Vagina

Sel kanker semakin menjalar

Serviks stadium 1 awal

Serviks normal

Stadium dan perkembangan kanker serviks

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img