Thursday, July 25, 2024

Kegigihan Rochmad Mendapatkan Adenium Oranje dari Hasil Silangan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Tampilan adenium oranje itu menarik menarik perhatian para pencinta tanaman hias di Tanah Air. Hal ini karena variasi kelopak bunga adenium oranje terdiri atas tiga lapis, mekar susul-menyusul.

Rochmad Wiyono Supadmo, penangkar adenium di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjelaskan, penyematan nama oranje terinspirasi dari tim sepak bola Belanda yang memiliki julukan De Oranje. Mereka memiliki warna kostum jingga alias oranye yang mirip dengan adenium baru koleksi Rochmad.

Oranje berkelopak jingga dengan sentuhan kuning di tepinya. Bentuk kelopak membulat dan tersusun menjadi 3 lapis. Yang menarik, setiap lapis kelopak merekah dalam waktu berbeda. Kelopak lapis pertama alias paling bawah mekar dahulu. Selang setengah hingga satu hari kelopak lapis kedua menyusul mekar. Kelopak lapis ketiga segera mekar dalam hitungan jam usai lapis kedua mekar.

Diameter kuntum oranje cukup besar yakni 7 cm. Susunan kelopak rapi dan roset. Karakter bunga tergolong kuat sehingga pehobi bisa menikmati keindahan oranje hingga 1 bulan.

Rochmad menuturkan, oranje lahir dari persilangan induk betina sawitri dengan induk jantan jelita.

“Persilangan kedua induk itu tidak serta merta melahirkan warna jingga yang cantik,” kata Rochmad.

Ia mengaku harus melalui masa percobaan selama 5 tahun untuk mendapatkan warna jingga idamannya. Rochmad memiliki berbagai jenis adenium yang dijadikan induk. Satu induk setidaknya memiliki 9 cabang. Setiap cabang terdapat 3 tangkai dengan 2–5 kuntum bunga di setiap tangkainya.

Rochmad begitu teliti saat melakukan persilangan. Ia memilih teknik hand pollination. Perencanaan persilangan yang matang memberikan peluang tinggi untuk mendapatkan tanaman baru sesuai keinginan.

Perkawinan alami pada adenium umumnya sulit terjadi. Diperkirakan tingkat keberhasilannya hanya 10%. Langkah pertama Rochmad menentukan induk jantan dan betina. Induk terpilih merupakan tanaman sehat dan rajin berbunga.

Rochmad mengambil pollen dan mengoleskan pada putik bunga terpilih. Hasil persilangan itu membentuk biji dalam 3 bulan. Rochmad menumbuhkan dan merawat biji hasil persilangan hingga berbunga. Ia harus rela menunggu tanaman 2 kali berbunga untuk memastikan karakter bunga sesuai dengan keinginan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img