Wednesday, February 8, 2023

Kenali Ciri Serangan Hama dan Penyakit pada Jamur Tiram

Rekomendasi

Trubus.id — Petani jamur tiram kerap gagal panen karena terserang cendawan. Serangan itu bukan hanya disebabkan oleh satu jenis cendawan, melainkan lebih dari satu. Tiap serangan cendawan membawa tanda serangannya sendiri.

Menurut Sri Kurniawati, peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Banten, kalau berwarna hitam, tandanya terkontaminasi cendawan Mucor sp.

Ciri kontaminasi cendawan lain yang kerap menyerang jamur tiram adalah berwarna hijau (Trichoderma sp), kebiruan (Penicillium sp), hijau tua (Chaetemium sp), hijau lumut dan dipegang terasa berlendir (Aspergillus sp), serta jingga (Neurospora sp).

Baglog yang terserang cendawan menyebabkan pertumbuhan miselium jamur tiram terhambat. Sri menyatakan penyakit yang menyerang jamur tiram juga disebabkan oleh bakteri.

“Bakteri timbul jika media terlalu basah,” kata Sri.

Bakteri yang menyerang jamur tiram antara lain Bacterium carotovorum dan Pseudomonas sp. Bakteri itu menghambat pertumbuhan miselia serta terdapat bercak-bercak berwarna kuning, cokelat, serta menghitam dan berlendir pada jamur.

Bentuk abnormal jamur tiram yang terserang virus. (Dok. Trubus)

Adapun ciri jamur terserang virus yakni tangkai memanjang, tudung tidak mekar, tubuh buah kerdil, dan pinggiran kanopi berlekuk-lekuk seperti payung.

Menurut Sri, semua petaka itu bermula dari peralatan yang kurang steril. Oleh karena itu, steril adalah kunci mencegah serangan cendawan. Apabila pembibitan tidak menggunakan peralatan yang benar-benar steril, dipastikan bibit gagal tumbuh.

Hama seperti tungau juga kerap menjadi ancaman bagi petani jamur tiram. Menurut Sri, ada dua jenis tungau yang kerap menyerang jamur tiram, yaitu Tyrophagus putrescentiae dan Linopodes antennaepes.

Kedua tungau itu berwarna hitam dan berukuran kecil. Biasanya, mereka ditemukan berkerumun pada tunas jamur. Serangan tungau menyebabkan pertumbuhan tubuh buah tidak normal sehingga jamur tidak laku dijual.

Penanggulangan tungau dilakukan dengan menggantung gelas plastik berisi campuran bawang putih halus, alkohol, dan air.

“Aroma bawang putih mengusir tungau,” kata Sri.

Bisa juga dengan menggantung gelas plastik yang bagian dalamnya dicat warna kuning dan bagian luarnya diberi perekat. Dengan begitu, diharapkan kedua tungau minggat sehingga produksi jamur tiram lebih optimal.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img