Monday, August 8, 2022

Khasiat Baru Herbal

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Masa depan pengobatan dan industri herbal tanahair semakin gemilang. Itu terbukti semakin banyaknya tanaman yang terungkap berkhasiat obat.

Sepuluh tahun lamanya Sudjito bergelut dengan sinusitis. Radang di bagian sinus di rongga hidung itu kerap membuat Sudjito pilek dan hidung tersumbat berkepanjangan. Dokter menyarankan pria asal Boyolali, Jawa Tengah, itu untuk menjalani operasi pada 2008. Namun, pada 2011 penyakit akibat infeksi bakteri itu kembali mendera Sudjito.

Petugas memisahkan senyawa xantorizal dan kurkuma dalam temulawak
Petugas memisahkan senyawa xantorizal dan kurkuma dalam temulawak

Sudjito akhirnya mengunjungi klinik Hortus Medicus yang memberi pengobatan herbal di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di klinik itu bukan hanya Sudjito yang berharap kesembuhan dengan mengonsumsi tanaman obat. “Di klinik ini setiap hari rata-rata ada 150—200 pasien yang berobat,” ujar kepala Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr Danang Ardiyanto. Itu menjadi bukti jika saat ini pengobatan menggunakan herbal semakin diminati.

Pada masa mendatang pengobatan herbal bakal semakin berkembang. Apalagi negara kita kaya tanaman berkhasiat obat. Siapa sangka pada kulit kopi yang selama ini menjadi limbah, justru gudangnya antioksidan kuat. Xantorizol pada temulawak juga ternyata ampuh untuk membantu mengatasi kanker. Itulah khasiat baru herbal yang selama ini belum terungkap.

Javaplant melirik potensi itu dengan memproduksi ekstrak aneka herbal dan bahan alam yang terstandar. Perusahaan milik PT Tri Rahardja di Karanganyar, Jawa Tengah, itu memproduksi ekstrak yang siap digunakan untuk industri farmasi. “Dengan menggunakan ekstrak herbal yang terstandar akan lebih mudah menentukan dosis sesuai hasil penelitian klinis,” ujar Direktur Operasional Javaplant, Junius Rahardjo.

Javaplant juga mempunyai visi mengangkat pamor herbal Indonesia di mata dunia. Karena itu perusahaan yang berdiri pada 2003 itu memproduksi ekstrak herbal yang mengandung senyawa aktif yang luar biasa. Contohnya ekstrak sirsak yang memiliki nilai ORAC—satuan untuk mengukur tingkat antioksidan yang dikeluarkan laboratorium Brunswick—hingga 26.000. (Imam Wiguna)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img