Monday, August 8, 2022

Khasiat Kuat Bawang Hitam

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Krishandoyo terbebas dari kemoterapi setelah konsumsi bawang hitam.
Krishandoyo terbebas dari kemoterapi setelah konsumsi bawang hitam.

Krishandoyo seakan tak mengenal hari libur saat masih bekerja. “Saya selalu masuk biar pun badan kurang sehat. Kalau benar-benar tidak bisa bangun baru absen kerja,” kata karyawan sebuah distributor otomotif terbesar di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, itu. Ia juga melayani pelanggan yang ingin berkonsultasi masalah otomotif secara personal di luar jam kerja sekalipun.
Bagi Krishandoyo rasa sakit adalah tantangan yang harus ditaklukkan. Selama masih bisa ditahan, ia tidak menganggap rasa sakit sebagai masalah. Itu yang Kris lakukan pada Maret 2015 ketika tumbuh benjolan sebesar kelereng. Benjolan di ketiak itu tidak terasa sakit sehingga ia mengabaikan. Ketika ukuran membesar, ia baru merasa nyeri dan demam. Kondisi Kris memburuk, lemah dan kerap pusing.

Sel kanker
Kondisi itu mendorong Krishandoyo berkonsultasi ke onkologi atau ahli kanker di sebuah rumahsakit di Kota Semarang. Itu setelah ia dua kali ke dokter dan menerima obat penurun demam. Dokter onkologi itu menemukan sebuah lagi benjolan di dekat benjolan kedua. Dokter menyarankan pria berusia 60 tahun itu untuk menjalani rawat inap, melakukan biopsi, dan pembedahan.

Bawang hitam berbahan baku bawang lanang atau bawang putih berumbi tunggal lebih berkhasiat.
Bawang hitam berbahan baku bawang lanang atau bawang putih berumbi tunggal lebih berkhasiat.

Benjolan pertama di ketiak Kris berukuran 4 cm x 7 cm, sementara kedua benjolan di siku lebih kecil. Hasil biopsi atau pengambilan sampel jaringan tubuh itu menunjukkan bahwa benjolan itu sel kanker stadium 3. Krishandoyo kemudian menjalani operasi untuk mengangkat ketiga benjolan itu. Meski demikian bukan berarti penderitaan Krishandoyo berakhir.
Musababnya dokter langsung menyatakan bahwa ia harus melanjutkan operasi itu dengan kemoterapi agar benjolan tidak tumbuh kembali. Malamnya dan hari-hari berikutnya ia hanya memperoleh vitamin untuk mengembalikan stamina dan sistem kekebalan tubuh untuk menetralkan sisa efek pembiusan.

Menurut Dr dr Hardhi Pranata SpS MARS, anggota staf dokter kepresidenan, benjolan yang muncul di beberapa tempat sejatinya tidak terjadi begitu saja. “Pembentukan sel kanker pasti sudah lama, paling tidak setahun sebelum munculnya benjolan pertama,” kata Hardhi.

Sel kanker adalah mutasi dari sel normal yang terus tumbuh tak terkendali dan menolak perintah bunuh diri. Menurut Hardhi gejala yang dirasakan penderita antara lain mudah lelah, sering pusing, dan kadang susah tidur. Itu persis gangguan yang dialami Krishandoyo ketika sel kanker muncul di tubuhnya.

Riset ilmiah

Dr dr Hardhi Pranata SpS MARS, ketua Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia.
Dr dr Hardhi Pranata SpS MARS, ketua Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia.

Menurut dokter di rumahsakit Holistika Medika, Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kanker dibedakan berdasarkan asal jaringannya. “Jenis kanker ada 3, yaitu sarkoma, karsinoma, serta leukemia atau limfoma,” kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Sarkoma berasal dari jaringan ikat, karsinoma (jaringan epitel), sementara leukemia atau limfoma adalah kanker yang muncul di jaringan pembentuk atau pendukung darah.

Sehari pascaoperasi, atas saran putrinya, Kris mulai mengonsumsi umbi bawang hitam. Frekuensi konsumsi 3 kali sehari masing-masing 4 siung. Ia mengonsumsi umbi bawang hitam secara diam-diam, tanpa sepengetahuan dokter.

Pada hari ke-4 dokter menyatakan kondisi Kris jauh membaik sehingga dokter mengizinkan pulang. Di rumah ia meneruskan konsumsi bawang hitam dengan dosis dan frekuensi yang sama. Saat kontrol sebulan berselang, dokter menyatakan Kris bersih dari sisa sel kanker sehingga tidak perlu menjalani kemoterapi. Bawang hitam yang dikonsumsi Krihandoyo itu sebetulnya umbi bawang putih biasa yang melalui pemanasan sehingga khasiatnya meningkat.

Selain itu beberapa produsen meningkatkan khasiat dengan memanfaatkan bawang lanang atau bawang putih berumbi tunggal. Untuk meningkatkan khasiat, Endang Sari, produsen bawang hitam di Semarang, membuat bawang hitam dari bawang lanang alias bawang putih berumbi tunggal. “Berbagai riset membuktikan kandungan bahan aktif bawang lanang lebih tinggi ketimbang bawang putih,” kata Endang.

Bawang hitam membebaskan Eko Joeni dari gangguan vertigo.
Bawang hitam membebaskan Eko Joeni dari gangguan vertigo.

Kesembuhan Krishandoyo selaras dengan riset X Wang dan rekan dari Pusat Perawatan Nontraumatis dan Diagnosis Tumor, Sekolah Kesehatan Binzhou, Tiongkok. Wang membuktikan, efektivitas bawang hitam menghambat pertumbuhan sel kanker lambung secara in vitro dengan sel kanker dan secara in vivo menggunakan tikus. Dalam kedua eksperimen itu, bawang hitam mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Wang menduga itu lantaran kandungan antioksidan dan efek perbaikan kekebalan tubuh atau imunomodulator.

Antioksidan
Selain kanker, bawang hitam pun efektif meredakan vertigo. Eko Joeni di Yogyakarta, menderita vertigo selama setahun terakhir. Mendadak ia kerap merasakan dunia berputar tak terkendali. Jika itu terjadi, Eko mesti duduk menenangkan diri sampai gejala itu lewat. Jika gejala muncul ketika berkendara, ia harus menepi. Keruan saja aktivitas sebagai produsen cenderamata sekaligus agen perjalanan pun terganggu.

Menurut Hardhi Pranata ada beragam penyebab vertigo. “Seperti batuk, mungkin karena virus atau sekadar tersedak,” kata Hardhi. Jika penyebabnya diatasi, gangguan keseimbangan bakal pulih dengan sendirinya. Untuk mengatasi gangguan kesehatan itu dokter memberinya 7 macam obat. Eko mengonsumsi 3 kali sehari atau total 21 kapsul.

“Lama-lama bisa rusak nanti badan saya kalau terus-menerus konsumsi,” kata Eko. Setelah 6 bulan, Eko berhenti mengonsumsi obat dan beralih pada umbi bawang hitam. Ia makan bawang hitam pada pagi dan sore masing-masing 2—3 siung tergantung kondisi tubuh. Baru sehari mengonsumsi efeknya sudah terasa, tidak kalah dengan obat-obatan kimia. Hebatnya lagi, masalah kolesterol dan asam urat yang menderanya pun turut sirna.

Tidak semua orang tahan rasa dan aroma menyengat bawang putih.
Tidak semua orang tahan rasa dan aroma menyengat bawang putih.

Herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara, Maria Margaretha Anjarwati, menduga efek penyembuhan itu berasal dari kandungan antioksidan bawang hitam. “Bawang hitam kaya kandungan antioksidan dari bawang putih. Kadarnya tentu saja ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah,” kata Anjar (baca: “Makin Hitam Kian Berhasiat” halaman 54). Bawang putih tidak sekadar mengandung antioksidan, tetapi juga berbagai jenis asam amino.

“Berbagai khasiat bawang putih sudah lama diketahui orang, tapi tidak semua tahan dengan pedas dan bau menyengatnya,” ujar Anjar. Bawang hitam bebas rasa pedas menyengat bawang putih tanpa kehilangan khasiatnya. Anjarwati menduga khasiat bawang hitam lebih kuat lantaran ada proses penyusutan akibat pemanasan.

Anjar mengatakan, “Setiap 100 g bawang hitam mungkin setara 150 g bawang putih segar. Itu menambah khasiatnya.” Riset Il Sook Choi dan rekan-rekan dari Departemen Nutrisi dan Makanan Universitas Kyung Hee, Seoul, Korea Selatan, membuktikan perbedaan kadar zat aktif antara bawang putih (perlakuan 0 hari) dan bawang hitam (perlakuan 21 hari, lihat tabel Putih vs Hitam, red.).

Kadar meningkat
Kadar beberapa jenis asam amino dalam bawang hitam berkurang, tetapi kadar polifenol dan flavonoid—keduanya antioksidan—meningkat berlipat kali. Kadar gula pereduksi pun meningkat tajam, menjelaskan rasa bawang hitam yang manis seperti dodol. Beberapa senyawa seperti isoleusin, metionin, dan fenilalanin meningkat signifikan.

Fungsi fenilalanin mengatur nafsu makan dan bobot tubuh lantaran dapat diubah menjadi glukosa. Adapun senayawa metionin berperan membentuk asam nukleat (DNA dan RNA) dan mengatur sintesis protein. Metionin juga menjadi salah satu sumber sulfur bagi tubuh dan penyedia bahan baku pembentukan karnitin—zat yang berperan dalam pengubahan lemak menjadi energi. Adapun isoleusin berperan penting dalam pembentukan hemoglobin (zat merah darah) dan sintesis berbagai protein.

Maria Margaretha Anjarwati, herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara.
Maria Margaretha Anjarwati, herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara.

Bawang hitam berasal dari daerah oriental yang mencakup Tiongkok, Jepang, dan Korea. Namun yang paling banyak disebut menggunakan adalah Korea. “Asal-usul bawang hitam masih simpang siur, tetapi kebanyakan merujuk ke Korea,” kata Hendra Firmansyah, distributor herbal di Depok, Jawa Barat. Hendra mendatangkan bawang hitam dari 2 produsen berbeda dengan harga dan kualitas berbeda.

Di pasaran kini memang beredar beragam merek bawang hitam. Bentuknya pun beragam, ada yang berupa cairan kental mirip kecap dan umbi utuh yang berubah warna menjadi hitam. Itu memudahkan konsumen yang hendak menikmati khasiat umbi tanaman anggota famili Liliaceae itu. Namun, konsumen pun sejatinya dapat mengolah sendiri bawang hitam.

Popularitas bawang hitam naik seiring tren kuliner asal Korea.
Popularitas bawang hitam naik seiring tren kuliner asal Korea.

Sebab, cara pengolahan umbi Allium sativum menjadi bawang hitam relatif sederhana. Bukti empiris dan riset ilmiah itu membuktikan bahwa bawang hitam berkhasiat kuat. Namun, penderita gangguan lambung mesti waspada terhadap keasaman bawang hitam yang ber-pH 4. Itu lebih asam ketimbang bawang putih yang ber-pH 6. Konsumsi secara bijak dan hati-hati menjadi kunci memetik khasiat bawang hitam untuk mengatasi beragam penyakit. (Argohartono Arie Raharjo/Peliput: Muhammad Awaluddin)

 

Binder1.pdf

Previous articleKaya di Tanah Miskin
Next articleHerbal Awet Muda
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img