Tuesday, July 23, 2024

Kiat Merawat Hamster dengan Tepat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Merawat hamster dengan tepat sangat penting. Tidak sekadar dikasih makan, kemudian selesai. Akan tetapi, dalam memelihara hamster juga perlu memperhatikan jenis pakan, kebersihan hamster dan kandang. Tujuannya, agar hamster selalu sehat dengan performa terbaiknya. Berikut ini kiat tepat merawat hamster.

Hamster bersin

Jangan anggap remeh bersin-bersin pada si kecil hamster Anda. Itu dapat menyebabkan kematian. Atasi dengan cara membersihkan kandang dan ganti serutan kayu untuk alas kandang. Jika masih terus bersin, amati mata dan hidungnya.

Hidung basah dan berlendir, serta tidur melulu bisa dipastikan hamster Anda terserang flu. Untuk mengatasinya, beri banyak minum berupa campuran madu, susu, dan air hangat. Namun, minuman itu harus segera dihabiskan karena susu gampang basi.

Potong kuku hamster

Hamster dewasa biasanya berkuku panjang. Jika tak dipotong, ia mudah terkilir dan terluka. Namun, jika hendak memotongnya, harus hati-hati agar tidak terluka. Cara praktis yang Anda lakukan adalah potong kuku pada malam hari ketika hamster kenyang dan tak terlalu aktif bergerak. Jangan lakukan ketika hamster lapar karena biasanya akan berontak dan galak.

Brokoli

Hamster tak hanya makan biji bunga matahari. Ia juga doyan menyantap brokoli. Selain mengenyangkan, brokoli mencegah tumbuhnya kanker dan meningkatkan air susu hamster yang baru beranak.

Caranya, berikan kuntum brokoli sebagai makanan selingan. Agar hamster tidak bosan, brokoli bisa dicampurkan dengan cacahan tahu jepang. Dengan menu baru, niscaya air susu mengalir lancar.

Keju

Indukan hamster seringkali memakan anaknya yang lemah akibat tak cukup mendapat susu. Untuk menghindarinya, beri sepotong keju pada hamster yang sedang hamil satu kali sehari. Kira-kira potongan keju sepanjang 1 cm. Itu agar air susu induk melimpah sehingga cukup untuk menyusui seluruh anaknya. Hasilnya, tak ada anak dibunuh induk dan anak hamster cepat gemuk dan sehat.

Hamster antibau

Air seni hamster berbau sangat menyengat. Itu karena terlalu sering diberi sayuran. Konsumsi sayuran yang berlebihan dapat mengganggu pencernaan hamster. Idealnya, sayuran seperti jagung dan selada diberikan seminggu sekali.

Sebagai menu utama, berikan biji-bijian yang mengandung sedikit air seperti biji padi dan biji rerumputan setiap hari. Dengan cara itu, niscaya bau air seni hamster tidak lagi menyengat.

Masih seputar aroma. Selalu jaga kebersihan kandang. Letakkan mangkuk makanan dan botol minum agak jauh dari tempat hamster tidur. Amati secara berkala sisa makanan segar, urine, dan kotoran hamster. Bersihkan dan ganti alas kandang setiap pekan agar hamster nyaman.

Semprotkan juga cairan probiotik yang tidak mengeluarkan aroma wangi dan berisi senyawa aktif seperti glutaral dehvde dan 4 outernary ammonium yang mampu mengurangi bakteri penyebab timbulnya bau. Salah satu cairan probiotik itu adalah smell kum.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img