Saturday, December 3, 2022

Kiat Sukses Menyilangkan Puring

Rekomendasi

Trubus.id — Saat ini peluang bisnis puring terbilang besar dan terbuka lebar. Banyak permintaan, baik dari lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin terjun di dunia puring, pengetahuan menyilangkan puring secara mandiri perlu dikuasai.

Dian Siswanto, pehobi di Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memiliki koleksi puring bergaya bonsai yang membuatnya sungguh aduhai. Selain bonggolnya terlihat tua, daun tua didominasi warna marun tua hampir berwarna hitam dengan bagian tepi dan tulang daun berwarna merah.

Dengan penampilan seperti itu, pantas bila puring kepunyaan Dian didapuk sebagai Juara I Kontes Puring Kediri 2021. Puring bernama Dragon Ball itu menjadi juara kelas kreasi bonggol bonsai di kontes yang berlangsung pada 21 November 2021 itu.

Dengan keistimewaan tersebut, pantas bila DragonBall banyak diminati para kolektor dan pemain puring sejak kontes dimulai. Padahal, harga tanaman tergolong premium yakni Rp150.000 per tanaman setinggi 25 cm.

Puring koleksi pria yang akrab dipanggil Kang Bayan itu merupakan hasil silangan sendiri. Sebetulnya, hasil silangan Kang Bayan banyak, mencapai 99 silangan. Ciri khas silangan Kang Bayan diberi nomor 1–99. Baru setelah dibeli oleh pehobi silangan itu diberi nama.

Contohnya, silangan Kang Bayan bernomor 2 yang dibeli oleh pehobi asal Kediri, Jawa Timur, Yatno. Ia membeli tanaman itu menjelang kontes. Yatno pun menamakan silangan nomor 2 itu Putri Panjalu. Setelah itu, ia melaporkan ke Kang Bayan tentang penamaan tanaman itu.

“Jadi silangan saya yang nomor 2 tidak boleh lagi dikasih nama yang lain. Itu sudah milik Putri Panjalu,” kata Kang Bayan.

Sudah banyak silangan Kang Bayan yang dilepas ke kolektor dan para pemain puring. Pedagang puring asal Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Syaiful Afandi, memperbanyak beberapa silangan karya Kang Bayan.

Sebut saja Clara, Merah Delima, Dragon Ball, Yellow Giant, Rubi Kediri, Kiliauci, Srikandi, dan Marshmallow. Cara menyilangkan puring tergolong gampang. Anda bisa menyimak selengkapnya di Majalah Trubus Edisi 636 November 2022.

Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 mengulas tren bisnis puring, mulai dari permintaan puring yang belum terpenuhi hingga cara menyilangkan puring secara mandiri.

Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img