Thursday, August 11, 2022

Kontes Lou Han Pemula WTC Mangga Dua 2011 Cencu A Jawara

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Grand champion, cencu ATubuh kotak, mutiara penuh di sekujur tubuh, dan gradasi warna dari jingga ke merah jambu yang mengalir menjadi kelebihan lain cencu andalan Didi MM dari Jakarta itu. Pun, gaya renangnya, ‘Terlihat atraktif dan lincah,’ kata Hadi Senjaya, juri asal Bandung. Itu pertanda mental dan kesehatan ikan sangat prima.

Sukses sang jawara meraih posisi terbaik tidak mudah. Di kelasnya ia harus melawan 45 lou han berkualitas lainnya. Cencu jagoan Paul, misalnya, menempel ketat sang jawara. Penghuni akuarium CCA003 itu secara keseluruhan sangat elok. ‘Sayang, saat penilaian performanya menurun, warna tubuhnya jadi tidak bercahaya,’ tutur Hadi. Dengan selisih nilai 3,9 ia harus puas berada di posisi kedua.

Peserta terbanyak

Penilaian ketat berlangsung di kelas cencu B yang diikuti 61 ikan, rekor peserta terbanyak. ‘Sejak saya menjuri pada 2005, baru kali ini kelas cencu B diikuti lebih dari 50 peserta,’ kata Hadi.

Hadi menduga meningkatnya jumlah peserta cencu lantaran breeding dan perawatan lou han itu lebih mudah ketimbang jenis cinhua. ‘Dari 1.000 anakan setelah disortir menghasilkan 100 cencu kualitas kontes, sementara dengan jumlah yang sama cinhua hanya 10 ekor,’ ujar juri dari Persatuan Pecinta Lou Han Indonesia (P2LI) itu. Maka dari itu peternak kini lebih banyak membudidayakan cencu lantaran persentase ikan top yang dapat dijual lebih besar.

Dengan membanjirnya peserta serta kualitas seimbang, kedua juri itu pun perlu waktu lama untuk menentukan kampiun. Setelah melalui diskusi panjang, kedua juri sepakat menganugerahi cencu jagoan Rendi Yasin sebagai juara. ‘Bentuk tubuh lebih bagus daripada 4 pesaingnya. Kilap mutiaranya juga istimewa,’ kata Miad, sapaan akrab Waryadi Talim.

Secara keseluruhan penampilan cencu milik Fathir – juara ke-2 – tak kalah istimewa. Sayang, cencu penghuni akuarium CCB067 itu mendapat pengurangan nilai. ‘Setelah diamati secara seksama ada kutil di tengah tubuh sebelah kiri,’ ujar Hadi.

Kontes lou han tingkat regional yang digelar pada 9 – 13 Januari di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, itu terbilang sukses. Buktinya banyak pemain baru berpartisipasi di kontes bertajuk Kontes  Lou Han Pemula 2011 itu. Panitia mencatat lomba itu diikuti 196 peserta yang didominasi peserta dari Jakarta dan Bandung. Karena untuk pemula, maka ada syarat yang mesti dipenuhi sang ikan. ‘Belum pernah menjadi juara di kontes nasional,’ ujar Acuan, ketua panitia lomba. (Rosy Nur Apriyanti)

 

  1. Jawara bonsai
  2. Grand champion, cencu A
  3. Champion, cencu B
  4. Jawara cinhua A
  5. Jawara cinhua B
  6. Juara ke-1 free marking B
  7. Juara ke-2 cencu B
  8. Juara ke-2 cinhua A
  9. Jawara free marking A
  10. Jawara golden base
  11. Jawara klasik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img