Wednesday, August 10, 2022

Kulit Sphynx Selembut Bayi

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Sphynx kucing tanpa bulu berkulit selembut kulit bayi. Perlu perawatan khusus.

Merawat kucing sphynx dan bambino yang nyaris tanpa bulu ibarat merawat bayi yang sensitif tetapi sangat menantang.

Trubus — Tubuh kucing sphynx dan bambino gundul aliar hairless. Bulu mereka sangat pendek dan sedikit sehingga sepintas hanya berselimut kulit tipis. Jika diamati lebih saksama, rambut halus terlihat di beberapa bagian seperti hidung, telinga, kaki, ekor, dan di sekitar organ kelamin. “Mirip kulit bayi yang baru lahir sehingga sangat sensitif,” kata dokter hewan Aulia Evi Susanti, pemilik Rainbow Pet Care and Shop di Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut pehobi di Surabaya, Jawa Timur, Andi Firmansyah, perawatan sphynx dan bambino jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kucing berbulu panjang semacam persia. Bahkan, pehobi dapat memanfaatkan pernak-pernik bayi seperti sampo bayi, minyak telon, dan tisu basah untuk merawatnya. “Beragam pernak-pernik untuk itu sudah teruji aman untuk kulit bayi yang sangat sensitif sehingga cocok untuk kucing hairless,” kata Andi.

Lebih ringkas

Pehobi memanfaatkan berbagai peralatan bayi untuk mearwat kucing.

Pemilik Fety Cattery, di Gresik, Jawa Timur, Pradana, sepakat dengan Andi Firmansyah. Pada beberapa kasus merawat sphynx dan bambino justeru lebih mudah. “Mandi dan mengeringkan tubuh setelah mandi lebih gampang. Bila mau ikut kontes tak perlu ribet menyisir dan grooming yang memakan waktu 3—4 jam seperti pada kucing berbulu panjang,” kata Pradana.

Menurut Pradana kucing sphynx dan bambino cukup dimandikan dengan sampo bayi yang halus. “Sampo bayi sangat aman bagi kulit karena tidak menyebabkan iritasi pada kulit,” kata Pradana. Sementara Andi sering menggunakan sampo bayi plus air hangat. Pun saat mengeringkan cukup dengan kain lap—plas chamois—bersih yang mampu menyerap air. Dalam bahasa sehari-hari kain plas chamois disebut juga kanebo.

Dalam hitungan menit tubuh kucing yang semula basah karena dimandikan langsung kering. Jadwal rutin memandikan sphynx dan bambino juga cukup 1—2 pekan sekali kecuali bila hendak mengikuti kontes. Saat memandikan, gosoklah dengan lembut kulitnya, terutama pada kerutan untuk membersihkan kotoran yang menempel. Bersihkan ujung mata dengan yang dibasahi, bersihkan telinga, bersihkan gigi, dan memotong kuku.

Tiga hari sebelum kontes, saat tepat memandikan kucing sphynx.

Jika berencana ikut kontes, kucing tanpa bulu sebaiknya dimandikan 2—3 hari sebelum tampil berlomba. “Tiga hari setelah mandi adalah penampilan terbaik kulit kucing. Kondisi kulit masih bersih dengan permukaan tidak terlalu kering. Bila terdapat iritasi akibat sampo pun kondisinya sudah pulih kembali,” kata Pradana.
Di musim hujan yang dingin jadwal ritual mandi sphynx dan bambino dapat diganti dengan cara lain. “Cukup mengelap tubuhnya dengan tisu basah untuk bayi yang nonalkohol,” kata Pradana. Kotoran di tubuh kucing langsung bersih dan kucing tanpa merasa kedinginan. Cara itu tidak seribet kucing berambut panjang. Kucing pun terbebas dari bau tak sedap.

Awas nyamuk

Kulit sphynx dan bambino yang tanpa bulu juga menyebabkan kedua ras kucing itu tidak tahan gigitan nyamuk. “Jika digigit nyamuk, kulitnya akan bentol-bentol seperti kulit manusia,” kata Fety, pehobi kucing di Gresik. Umumnya bentol akan hilang dengan sendirinya, tetapi bagi pencinta kucing, tentu tak rela kesayangannya gatal karena nyamuk. Minyak telon yang biasa digunakan pada bayi dapat membantu meringankan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk.

Minyak telon—yang merupakan sebutan untuk campuran tiga jenis minyak yaitu minyak adas, minyak kelapa, dan minyak kayu putih—itu juga bermanfaat untuk menghilangkan kembung pada sphynx dan bambino. “Kucing juga seperti manusia. Bila kembung perutnya berbunyi ‘pung, pung, pung’ saat ditepuk-tepuk,” kata Pradana. Menurut Pradana jangan pernah mengoleskan minyak kayu putih ke tubuh sphynk dan bambino.

Kucing sphynx menyukai alas yang lembut.

“Kayu putih murni terlalu panas bagi kulit kucing hairless,” kata Pradana. Dengan demikian, minyak telon yang baik adalah yang komposisi minyak kayu putihnya rendah sehingga tidak membuat panas. Pencegahan gigitan nyamuk dengan menempatkan kedu akucing itu di kamar khusus. Sementara untuk menghindari masuk angin alias perut kembung, kamar kucing perlu diberi penghangat berupa lampu 5 watt.

Menurut Pradana, “Prinsipnya mirip penghangat pada lampu yang diberikan pada telur atau anak ayam.” Sementara jenis lampu dapat berupa lampu light emitting diode (LED), pendar, maupun pijar yang disesuaikan dengan kondisi. Ruangan juga idealnya stabil pada suhu 24—25°C. Kucing tanpa bulu juga menyukai tempat yang empuk dan lunak. Lantaran itu di kamar khusus kucing sebaiknya disediakan kasur empuk tempat sphynx dan bambino beristirahat.

“Kasur empuk juga membuat sphynx dan bambino dapat bermain-main dengan aman tanpa khawatir kulitnya tergores,” kata Pradana. Salah satu rahasia merawat kucing sphynx dan bambino yang lain adalah menghindarkan memberi pakan yang mengandung nutrisi untuk menyuburkan rambut. “Pilih pakan dengan kandungan taurin tidak terlalu tinggi. Cara sederhananya hindarkan pakan yang menawarkan manfaat menumbuhkan bulu,” kata Pradana.

Bila sphynx dan bambino mengonsumsi pakan dengan kandungan nutrisi yang dapat menyuburkan bulu, akan tumbuh bulu lebih banyak di daerah hidung dan ekor sehingga dianggap mengganggu. “Biasanya dihilangkan dengan dikerik atau dicabut, tetapi itu akan menyiksa kucing,” kata Pradana. Cara terbaik adalah mencegah memberi pakan yang dapat menyuburkan bulu. Pencinta kucing juga harus rutin memvaksinasi ke dokter hewan untuk memberi kekebalan tubuhnya. (Destika Cahyana)

Previous articleParkit Berjubah Peri
Next articlePasar Memburu Jahe
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img