Saturday, June 22, 2024

Kunci Menghasilkan Kucing Scottish Fold yang Bertelinga Terlipat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Kunci menghasilkan kucing scottish fold yang bertelinga terlipat salah satunya dengan menggunakan induk bertelinga lurus. “Pembiakan scottish fold sebaiknya melalui perkawinan antara induk berkuping terlipat dengan kuping lurus,” tutur penangkar kucing Johan Arief.

Secara genetika, munculnya telinga terlipat lantaran gen modifikator yang bersifat dominan. Gen itu memicu mutasi pada telinga kucing sehingga muncul telinga terlipat. Meski membuat penampilan kucing menjadi imut menggemaskan, kehadiran gen modifikator itu membawa risiko. 

Perkawinan sesama telinga terlipat membuat gen modifikator berikatan dengan sesamanya (homozigot). “Dalam bentuk homozigot, gen itu berisiko memunculkan penampilan seperti tulang ekor bengkok atau kepala asimetris. Namun yang paling berbahaya adalah cacat genetik yang bisa memicu gangguan fungsi organ atau fisiologis,” kata Johan.

Homozigot itu berpeluang muncul bila telinga terlipat (fold) dikawinkan dengan telinga terlipat. Persilangan fold dengan fold pempunyai peluang 25% telinga tegak (straight), 50% fold heterozigot, dan 25% fold homozigot.

Homozigot itu yang harus dihindari. Adapun persilangan fold dengan straight berpeluang menghasilkan keturunan 50% fold heterozigot dan 50% straight.  “Kucing bertelinga tegak yang berasal dari keturunan fold tidak memiliki modifikator gen dominan, sehingga bila disilangkan sesamanya akan menghasilkan 100% straight,” kata Johan.

Menurut dokter hewan yang berpraktik di Kota Bekasi, Jawa Barat, drh Khaizir Hasan, heterozigot pada scottish fold dapat menyebabkan cacat fisik seperti ekor bengkok atau cacat organ yang berupa gagal ginjal, radang telinga, atau masalah metabolisme. Akibat lain, menghasilkan keturunan yang gampang sakit karena imunitasnya lemah. 

Menurut Johan lipatan pada telinga pun ditentukan kekuatan gen modifikator. Ada 3 tingkatan lipatan yaitu, sedikit melipat (single), setengah melipat (double), dan melipat sempurna (triple). 

Bila menginginkan keturunan yang melipat sempurna, maka cari indukan yang telinganya terlipat sempurna juga. Telinga setengah melipat hanya akan menghasilkan keturunan setengah melipat atau bahkan sedikit melipat, namun tidak akan menghasilkan telinga melipat sempurna. 

“Pilih cattery bereputasi baik dan bersertifikat bila ingin mengadopsi scottish untuk indukan,” kata Johan. 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img