Saturday, April 13, 2024

Langkah Olah Durian Beku dan Pasta Untuk Ekspor

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pekebun durian di Desa Suli Indah, I Nyoman Gede Rustika, mengolah durian menjadi durian beku. Bahkan durian kupas produksi Ferry—panggilan akrab I Nyoman Gede Rustika— sudah menembus pasar mancanegara.

Ia mengekspor 24 ton setara satu kontainer ke Tiongkok. Harga durian kupas Rp35.000 per kemasan 500 g di pasar lokal bandingkan dengan harga pasar ekspor mencapai Rp105.000 dengan kemasan sama di tingkat petani atau produsen.

Produk turunan durian lainnya yakni pasta durian. Dengan inovasi itu durian yang terlalu matang dan tidak masuk mutu premium masih bisa dijual di pasaran. Durian montong tergolong premium bila berbobot 3—6 kg. Jika bobot kurang atau lebih dari itu durian diolah menjadi pasta.

Maklum durian berukuran terlalu kecil atau besar berharga relatif rendah yaitu Rp25.000 per kg. Bila diolah menjadi bubur atau pasta, durian berharga jual lebih tinggi yakni Rp35.000 per kg. Adanya inovasi produk olahan durian menjadi peluang baru bagi pekebun. Namun, pekebun harus memperhatikan syarat keamanan pangan dalam pembuatan olahan durian.

Durian Kupas Ekspor

  1. Pilih buah durian dengan kematangan sekitar 95%. Cirinya tangkai berwarna cokelat tua, kulit kekuningan, dan seolah berongga saat dipukul.
  2. Letakkan daging durian utuh beserta biji di nampan. Kemudian bekukan dalam freezer dengan suhu -21—-25oC selama 24 jam. Gunakan sarung tangan plastik saat meletakkan durian kupas untuk meminimalisir kontaminasi kotoran.
  3. Masukkan daging durian utuh dalam wadah plastik khusus pangan kemasan 5 kg.
  4. Pindahkan ke dalam freezer penampung bersuhu -21—-25oC.
  5. Daging durian kemasan koral tahan hingga 6 bulan penyimpanan.***

Buat Pasta Durian

  1. Pilih buah durian dengan kematangan sekitar 95%. Cirinya tangkai berwarna cokelat tua, kulit kekuningan, dan seolah berongga saat dipukul.
  2. Kupas durian, lalu pisahkan daging dan biji menggunakan sendok. Upayakan tidak terkena tangan langsung agar durian tidak terkontaminasi bakteri.
  3. Masukkan daging buah tanpa biji (pasta) dalam plastik khusus pangan kemasan 1 kg.
  4. Masukkan daging buah yang sudah dikemas dalam freezer selama 24 jam dengan suhu -21— -25o C.
  5. Setelah itu pindahkan ke freezer penampung bersuhu -21— -25oC.
  6. Pasta tahan hingga 6 bulan penyimpanan.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img