Saturday, June 22, 2024

Lima Cara Pasar Domba Tetap Eksis

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi daging domba pada 2022 mencapai 54.650,53 ton. Jumlah itu naik 7,79% dibandingkan dengan 2021 sebesar 50.702,06 ton.

Produksi daging domba sebetulnya sempat meningkat hingga mencapai rekor tertinggi pada 2018, yakni sebesar 82.274,38 ton. Namun jumlah itu menurun sejak 2019—2021. Produksi daging domba kembali meningkat pada 2022.

Menurut peternak domba senior asal Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Martinus Alexander, pasar domba pedaging masih bagus. Dengan catatan pertama pasar tetap bertahan melayani pangsa pasar daging dari ternak hidup yang dipotong menjadi karkas.

“Jadi, bukan karkas beku hasil impor dari luar negeri,” kata Martinus.

Kedua, asalkan pangsa pasar yang digarap bukan hanya akikah murah meriah, tetapi juga pasar menengah ke atas. Begitu juga untuk pasar kurban. Tiap tahun populasi penduduk bertambah. Demikian juga orang yang memerlukan domba untuk akikah dan kurban.

“Tinggal sosialisasi kesadaran untuk melakukan ibadah itu yang perlu sering diberitakan,” ujar Martinus

Ketiga menurut Martinus hal penting lain yang perlu dilakukan para peternak agar bisa bertahan di pasar domba pedaging yakni efisiensi biaya produksi. Keempat para peternak juga harus meningkatkan skala usaha mereka dari peternakan tradisional ke modern.

Terakhir ia menyebut, “Mereka juga harus sudah naik kelas ke tingkat korporasi dengan bermitra secara close loop (aksi umpan-balik untuk memperkecil kesalahan, red) bersama off taker yang andal di bidangnya,” kata Martinus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img