Sunday, July 14, 2024

Lima Masalah Kesehatan Gigi dan Upaya Pencegahannya

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Meskipun tidak berisiko merenggut nyawa, kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu cerminan dari tubuh yang sehat.

Menurut Dr. Agung Sosiawan, drg., M.Kes., dosen Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Universitas Airlangga (Unair), masalah gigi dan mulut terkait jaringan gigi, gigi itu sendiri, dan kuman dalam tubuh.

Agung mengatakan, proses sikat gigi yang tidak sempurna menjadi penyebab utama timbulnya berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Berikut lima permasalahan yang berpotensi menyerang jika tidak rutin sikat gigi.

Gigi berlubang

Gigi berlubang atau karies ditandai melalui gigi yang rusak membentuk lubang kecil yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Apabila tidak segera ditangani, lubang gigi akan semakin besar sehingga infeksi mencapai saraf gigi dan menyebabkan gigi menjadi mati.

“Infeksi bakteri itu dari kondisi rongga mulut yang asam akibat makanan kariogenik yaitu makanan yang memiliki ciri-ciri PH rendah, mengandung gula tinggi, dan lengket,” kata Agung, dilansir dari laman Universitas Airlangga.

Karang gigi

Karang gigi muncul karena adanya deposit plak atau sisa makanan yang mengandung mikroorganisme. Agung menyarankan sebaiknya menggosok gigi dilakukan setelah makan agar menghilangkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Peradangan gusi

Penumpukan plak rupanya dapat menyebabkan gusi mengalami peradangan. Bahkan, plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri tersebut bisa masuk ke peredaran darah dan menimbulkan penyakit seperti sinusitis.

Bau mulut dan sariawan

Luka yang tidak diperbaiki pada area gigi berpotensi menimbulkan pendarahan hingga infeksi. Infeksi inilah yang menjadi penyebab bau mulut. Adapun sariawan umumnya akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh.

Penyakit berbahaya

Gejala sariawan disertai pendarahan yang tak kunjung sembuh juga menunjukkan tanda dari penyakit kanker rongga mulut. Siapa sangka kebiasaan jarang gosok gigi ternyata membawa dampak buruk antara lain infeksi jantung (endokarditis) dan kesehatan janin yang dilihat dari kebersihan gigi ibu.

Pencegahan

Upaya menjaga kesehatan gigi yang paling sederhana adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat. Selain itu, Agung berharap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi tiga kali sehari, flossing gigi, menggunakan obat kumur, serta memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.

“Jagalah kesehatan gigi dan mulut kita karena melalui rongga mulut sebenarnya itu entry point dari masuknya penyakit ke dalam tubuh, misalnya makanan sehingga menimbulkan masalah sistemik seperti diabetes. Dan melakukan perawatan sebagai preventif,” paparnya

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Presiden dan Mentan Kunjungi Kebun Kopi di Lampung Barat, Pacu Produksi Demi Kesejahteraan Petani

Trubus.id—Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkebunan kopi di Desa Kambahang, Kecamatan Batubrak,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img