Sunday, July 14, 2024

Manfaat Daun Kelor untuk Hewan Ternak

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Daun kelor bukan hanya bagus dikonsumsi manusia. Faktanya daun kelor juga bisa bermanfaat untuk beragam ternak. Mulai dari lele, ayam, hingga kambing.

Lindungi lele

Penyakit motile aeromonas septicemia (MAS) momok bagi peternak lele. Yunia Dharmastuti Widyaningsih dan tim dari Departemen Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, memanfaatkan ekstrak daun moringa dan jahe merah untuk mengatasi penyakit akibat Aeromonas hydrophila itu.

Mereka menggunakan 180 lele dumbo (Clarias gariepinus) berukuran 7—9 cm. Dosis dasar 300 ppm ekstrak daun moringa dan 600 ppm ekstrak jahe merah. Perbandingan keduanya 1:3.

Hasilnya nilai sintasan tertinggi 50%. Daun moringa (Moringa oleifera) mengandung flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, dan terpenoid yang melawan agen infeksius pada A. hydrophila. Sementara jahe merah bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Telur ayam

Daun moringa yang bergizi tinggi juga bermanfaat untuk ayam. Hasil riset Ni Wayan Siti dan I Gusti Nyoman Gde Bidura dari Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, mengungkapkan fakta itu.

Hasil penelitian keduanya menunjukkan pemberian 4 cc ekstrak daun kelor per 100 cc air minum menghasilkan bobot telur rata-rata 60,28 g per butir. Bandingkan dengan bobot telur kelompok kontrol yang hanya 57,54 g per butir.

Sperma kambing

Ada tiga nutrisi penting dalam kelor yang berperan penting pada proses pembentukan spermatozoa, yaitu vitamin E, vitamin C, dan mineral seng (Zn).  Efek daun kelor terhadap kualitas sperma telah teruji secara ilmiah.

Loka Penelitian (Lolit) Kambing Potong melakukan penelitian dengan memberikan tepung daun kelor sebagai pakan tambahan.  Untuk membuat tepung daun kelor sangat mudah. Kering anginkan daun kelor segar di ruang terbuka selama 2—3 hari, lalu giling hingga berbentuk tepung. Kemas tepung dalam plastik 1 kg. 

Adapun pakan daun kelor diberikan dengan cara memasukkan tepung daun kelor ke dalam botol yang telah diisi air, lalu kocok agar bercampur. Selanjutnya cekokkan larutan daun kelor itu ke mulut kambing. 

Hasil penelitian menunjukkan, efek pemberian tepung daun kelor terbaik adalah kelompok pejantan yang diberi asupan daun kelor berdosis 0,05% BB.

Pemberian tepung daun kelor dengan dosis 0,05% BB mampu meningkatkan motilitas dan viabiltas spermatozoa masing-masing 16,36% dan 51,32%. Hasil itu lebih tinggi daripada pejantan yang tidak diberi daun kelor.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img