Tuesday, July 23, 2024

Manfaat Memelihara Ikan Hias, Pereda Stres dan Bikin Rileks

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Memelihara ikan hias bisa jadi sarana pereda stres. Menurut psikiater dr. Soeklola, M.Si.(herbal), Sp.K.J., semua hobi seperti memelihara tanaman atau binatang dapat meredakan stres.

Menurut Soeklola beberapa ikan memiliki warna memikat cenderung membuat perasaan rileks. Ikan ungu, biru, dan warna-warna pastel juga terbukti mampu memberikan efek teduh dan nyaman.

Gemericik air pun berperan meredakan stres. Suara germecik air juga dianggap sebagai salah satu suara primordial atau suara yang mengingatkan kita saat berada di dalam kandungan.

Saat mendengarnya seseorang akan merasa rileks dan nyaman. Itu sebabnya beberapa lagu meditasi pun menggunakan suara germecik air.

Ia mengatakan, tubuh akan mengeluarkan senyawa endorfin atau disebut senyawa “happy”. Menurut Soekloka  tubuh juga mengeluarkan dopamin dan serotonin.

Saat seseorang menjalankan sesuatu yang menjadi hobinya kedua hormon itu bermunculan. Senyawa-senyawa itulah yang membuat tubuh dalam keadaan nyaman, rileks dan merasa kembali terisi energi sepenuhnya.***

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img